5 Pebulutangkis Indonesia Yang Berprestasi Usai Pindah Negara

5pebulu tangkis Indonesia yang berprestasi usai pindah negara menarik dikulik. Sebab, salah satunya ada juara dunia.

Indonesia memang punya segudang atlet berbakat di dunia bulu tangkis. Beberapa pebulu tangkis pun akhirnya memutuskan pindah negara demi mengembangkan kemampuannya jauh lebih baik lagi.

Siapa saja mereka? Berikut 5 pebulu tangkis Indonesia yang berprestasi usai pindah negara.

5. Halim Haryanto

Halim Haryanto

Salah satu pebulu tangkis Indonesia yang berprestasi usai pindah negara adalah Halim Haryanto. Dia pindah kewarganeragaan ke Amerika Serikat pada 2004.

Kala masih berstatus WNI, Halim Haryanto sukses mengukir prestasi manis di sektor ganda putra. Duetnya dengan Tony Gunawan berhasil merebut gelar juara All England 2001, Singapore Open 2021, dan masih banyak lagi lainnya. Selain dengan Tony Gunawan, Halim Haryanto juga pernah berduet dengan Sigit Budiarto hingga Davis Efraim.

4. Setyana Mapasa

Setyana Mapasa

Lalu, ada Setyana Mapasa Halim Haryanto, Setyana Mapasa memilih pindah menjadi warga negara Australia. Keputusan itu diambil sejak 2014.

Setyana Mapasa pun bermain di sektor ganda. Dia berduet dengan pebulu tangkis cantik Australia, Gronya Somerville, di ganda putri.

Sebelum menjadi warga negara Australia, Setyana pernah masuk pelatnas PBSI junior. Akan tetapi, cedera membuat karier perempuan kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara, 15 Agustus 1995 ini, tidak berkembang.

3. Mia Audina

Mia Audina

Di urutan ketiga, ada Mia Audina. Keputusannya pindah menjadi warga negara Belanda juga mencuri perhatian besar.

Sebab, Mia Audina jadi salah satu pebulu tangkis berprestasi di sektor tunggal putri yang pernah dimiliki Indonesia. Selama mashih aktif bermain, Mia sukses medali perak Olimpiade Atlanta 1996 hingga medali emas SEA Games 1997.

Tetapi, Mia Audina akhirnya pindah kewarganegaaraan pada 1999. Keputusan ini diambil karena dirinya mengikuti sang suami.

2. Albertus Susanto Njoto

Kemudian, ada Albertus Susanto Njoto. Pebulu tangkis yang satu ini memilih pindah kewarganegaraan dari Indonesia ke Hong Kong.

Penyebab Albertus Susanto Njoto melepas status WNI pun terungkap. Dia pindah kewarganegaraan karena ketatnya persaingan di Indonesia.

1. Tony Gunawan

Tony Gunawan

Terakhir, ada nama Tony Gunawan. Pebulu tangkis yang pernah jadi juara dunia pada 2005 ini memutuskan pindah kewarganegaraan.

Keputusan besar itu diambil Tony Gunawan pada 2011. Dari Indonesia, Tony Gunawan memilih menjadi warga negara Amerika Serikat.

Sontak, keputusannya jadi sorotan besar. Pasalnya, Tony Gunawan jadi salah satu atlet kebanggaan Indonesia yang sukses mengukir karier manis. Lewat duetnya dengan Candra Wijaya, Tony Gunawan bahkan pernah menduduki peringkat satu dunia.

Selain itu, Tony Gunawan juga pernah medali emas Olimpiade. Pencapaian manis itu didapatnya lewat duetnya dengan Candra Wijaya di Olimpiade Sydney 2000. Mereka mengalahkan wakil Korea Selatan, Lee Dong-soo/Yoo Yong-sung, di final dengan skor 15-10, 9-15, dan 15-7.(Sumber)