Arinal Djunaidi Duduki Posisi Pertama Sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Riset Golkarpedia

Nama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode Oktober 2023. Predikat ini telah kesekian kalinya diterima Arinal Djunaidi untuk menempati urutan pertama dalam kategori Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler.

Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Arinal Djunaidi, tidak heran jika kemudian Lampung menjadi salah satu basis suara Partai Golkar setiap kali Pemilu berlangsung. Dengan bertenggernya Arinal Djunaidi di peringkat pertama, tentu akan semakin mempertegas kuatnya Partai Golkar di Lampung, utamanya jelang Pemilu 2024.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini pada periode pemberitaan Oktober 2023, memiliki berita sebanyak 960 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Arinal Djunaidi adalah sebesar 1,07 juta jangkauan.

Pemberitaan Arinal Djunaidi lebih banyak tersorot atas pemberian gelar Doctor Honoris Causa kepada Arinal Djunaidi oleh UNILA Lampung. Lalu ada pula pemberitaan mengenai ground breaking pembangunan pasar UMKM yang dilakukan oleh Arinal Djunaidi di Lampung.

Selain itu sorotan berita atas peninjauan pembangunan jalan Kotagajah – Simpang Randu di Lampung Tengah. Pembukaan MTQ ke-50 di Lampung yang dilakukan oleh Arinal Djunaidi juga mendapatkan perhatian publik. Nama Arinal Djunaidi juga banyak disorot pemberitaan atas laporan LHKPN yang menyebutkan bahwa ia merupakan gubernur terkaya di Sumatera.

Selanjutnya di urutan kedua sebagai Ketua DPD 1 Partai Golkar Terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia adalah Syamsuar, ia memiliki total 944 pemberitaan pada berbagai media online selama periode bulan Oktober 2023. Reach atau yang dijangkau dari pemberitaan yang dimiliki Syamsuar adalah sebesar 3,4 juta jangkauan.

Berita mengenai Syamsuar didominasi oleh polemik keberangkatan Syamsuar sebagai Gubernur Riau ke Jerman di akhir masa jabatannya. Lalu ada pula pemberitaan tentang kabar mengundurkan dirinya Syamsuar sebagai Gubernur Riau sebagai syarat majunya ia sebagai Caleg Partai Golkar DPR RI.

Sorotan media lainnya terkait Syamsuar adalah tentang mutasi ASN yang dilakukan oleh Gubernur Riau di ujung masa jabatannya. Selanjutnya pemberitaan tentang peresmian jalan lintas Mahato yang dilakukan Syamsuar sewaktu menjabat sebagai Gubernur Riau.

Di posisi ketiga ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Taufan Pawe. Untuk periode Oktober 2023, Taufan Pawe memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 550 pemberitaan dengan reach mencapai 3,7 juta jangkauan.

Untuk pemberitaan mengenai Taufan Pawe didominasi oleh kabar mengenai sosok pengganti Taufan Pawe sebagai Walikota Parepare, Akbar Ali. Lalu ada pemberitaan tentang tangisan haru para ASN Parepare saat melakukan upacara pelepasan jabatan Walikota Parepare. Yang tak kalah populer dari pemberitaan mengenai Taufan Pawe adalah polemik nomor urut pencalegan di Dapil Sulsel II.

Di tempat keempat ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily. Untuk periode bulan Oktober 2023 ini, Ace Hasan Syadzily memiliki 532 pemberitaan. Reach yang dicapai oleh Ace Hasan Syadzily mencapai 3,8 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily salah satunya terkait dengan paparannya mengenai peran DPR RI dalam penyelenggaraan ibadah haji. Selanjutnya tanggapan Ace Hasan Syadzily tentang kenaikan elektabilitas Partai Golkar di Jawa Barat. Ace Hasan juga banyak dikutip pernyataannya oleh media terkait dengan pencalonan Prabowo Gibran sebagai Capres dan Cawapres dari Koalisi Indonesia Maju.

Untuk bulan Oktober 2023 ini, kami mempersempit jumlah publisitas tokoh yang masuk dalam kategori populer hanya menjadi 4 orang. Alasan kami hanya mengeluarkan 4 orang sebagai sarana sosialisasi nomor urut Partai Golkar di Pemilu 2024. Selain itu, tak ada perubahan fundamental terkait dengan riset yang kami lakukan dengan memasukkan nama-nama seluruh Ketua DPD I Partai Golkar ke dalam tools yang kami miliki.

Demikian 4 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan Oktober 2023. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 4 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya. Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasarkan Kuantitas Pemberitaan Periode Oktober 2023

1. Arinal Djunaidi
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
Gubernur Lampung Periode 2019-2024
Total: 960 Pemberitaan
Reach: 2,1 juta jangkauan

2. Syamsuar
Ketua DPD I Partai Golkar Riau
Gubernur Riau Periode 2019-2023
Total: 944 Pemberitaan
Reach: 3,4 juta jangkauan

3. Taufan Pawe
Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan
Walikota Parepare Periode 2018-2023
Total: 550 Pemberitaan
Reach: 3,7 juta jangkauan

4. Ace Hasan Syadzily
Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
Total: 532 Pemberitaan
Reach: 3,8 juta jangkauan {golkarpedia}