Tekno  

Samsung Luncurkan ‘Gauss’, Teknologi Generatif AI Mirip Chat GPT

Samsung Electronics meluncurkan model kecerdasan buatan generatif (generative AI), yang diberi nama Samsung Gauss yang dapat menciptakan konten hingga kode pemrograman sesuai perintah.

Kemajuan raksasa produsen handphone dalam menciptakan teknologi AI generatif pertama ini nampaknya akan mengalahkan saingan terdekatnya, yaitu Apple, yang sampai saat ini belum mengumumkan produk generative AI buatannya.

Sejak ChatGPT diluncurkan, sebagian besar perusahaan teknologi telah berlomba-lomba dalam mengembangkan teknologi generative AInya, termasuk Samsung.

Samsung Gauss sendiri memiliki beberapa fitur yang mirip dengan Chat GPT, di antaranya dapat menuliskan email dan menerjemahkan konten.

Selain itu, Samsung juga mengisyaratkan kemampuan tambahan mereka berupa meningkatkan pengalaman konsumen dengan memberikan kendali perangkat yang lebih cerdas, jika perangkat tersebut diintegrasi dengan beragam produk.

Fitur kedua yaitu membantu pengembang software untuk menulis kode pemrograman lebih cepat. Fitur ketiga diberi nama Gauss Image, yang bisa digunakan untuk menciptakan gambar atau edit gambar.

Dalam teknologi tersebut, Samsung berkomitmen untuk terus mengembangkan generatif AI di masa depan untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya.

“Samsung Gauss saat ini digunakan untuk meningkatkan produktivitas pekerja, tetapi akan terus dikembangkan ke beragam aplikasi buatan Samsung yang memberikan pengalaman baru untuk pengguna,” kata Samsung lewat siaran pers, Kamis (9/11).(Sumber)