News  

Istana Bantah Tudingan Jokowi Ada di Balik Serangan Terhadap Akun-akun Medsos Aktivis

Istana membantah tudingan Presiden Joko Widodo atau Jokowi berada di balik penyerangan sejumlah aktivis melalui media sosial. Serangan digital itu tak hanya menyasar akun aktivis, melainkan akun YouTube Teater Utan Kayu langsung dihapus pada Jumat, 10 November 2023.

Menteri Sekretariat Negara Pratikno, mengatakan tudingan Jokowi berada di balik perintah menyerang akun para aktivis pengkritik keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 90/PUU-XXI/2023 tidak benar. “Itu sudah jelas ya, bahwa tidak benar, dan tidak tahu,” kata Pratikno melalui aplikasi perpesanan, Sabtu, 11 November 2023.

 

Dugaan munculnya serangan berbasis digital diduga atas perintah Jokowi itu disampaikan Ketua Badan Pengurus Nasional Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) Julius Ibrani. Julius mengatakan serangan tersebut diduga ada kaitan dengan pernyataan Jokowi. Sebelumnya, Jokowi menyatakan akan cawe-cawe dalam Pemilihan Umum 2023.

“Seperti pemasangan baliho anak bungsunya (Kaesang Pangarep). Itu enggak mungkin orang biasa kalau bukan ada pengarahan,” kata Julius, melalui sambungan telepon di WhatsApp, Jumat, 10 November 2023.

Dia menyebut serangan itu terjadi secara beruntun. Mulai dari teror yang diterima Ketua BEM UI Melki Sedek Huang. Serangan tersebut pun diarahkan menyasar aktivis serta penggagas Maklumat Juanda.

 

“Setelah si Melki, kita deklarasi Maklumat Juanda, terus kita diskusi buku. Nah akun YouTube tempat kita diskusi buku itu diserang. Video di-upload itu enggak bisa upload lagi,” ujar dia. “Kita tahu arahnya ke mana.”

Maklumat Juanda adalah pernyataan protes terhadap putusan MK, yang dianggap diputuskan secara ugal-ugalan. Yang bertujuan meloloskan Gibran Rakabuming Raka dicalonkan sebagai wakil presiden pasangan Prabowo Subianto. Maklumat itu dibacakan pada 16 Oktober lalu, seusai putusan MK diketok Anwar Usman, saat itu Ketua MK.

Protes berdatangan dan memunculkan frasa “Mahkamah Keluarga” yang dipelesetkan dari MK. Frasa itu berseliweran di media sosial. Para aktivis menganggap putusan yang mengabulkan uji materi pasal batas usia capres-cawapwares minimum 40 tahun itu diketok Anwar untuk mengegolkan ponakannya, Gibran.

Serangan lain datang setelah Teater Utang Kayu menggelar diskusi “Demokrasi dan Ancaman dari Dalam Dirinya”, yang diampuh budayawan dan jurnalis senior Goenawan Mohamad atau GM. Kedua diskusi buku Oligarki dan Totalitarianisme Baru karangan Jimly Asshiddiqqie, yang diulas praktisi hukum Bivitri Susanti.

Pengelola Teater Utan Kayu, Ayu Utami membenarkan akun YouTube kelompok itu dihapus. Menurut dia, penghapusan itu dilakukan karena YouTube mendapat laporan akun itu memuat konten terlarang. “Benar hari ini kami dapat pemberitahuan dari YouTube bahwa akun Teater Utan Kayu dihapuskan karena mengandung spam dan scam,” ujar Ayu, melalui pesan WhatsApp.

Menurut Julius, penyerangan ini menggunakan pola koheren yang terhubung pada satu titik, yaitu terjadi diduga atas perintah Jokowi. “Ini perintah Presiden Jokowi mengamankan semuanya yang tidak sejalan dengan dia. Jadi ini sudah keliahatan,” kata Julius.

Berbeda dengan pendukung Jokowi yang ikut mengkritik, tapi tidak mendapat serangan serupa.

“Kalau dilihat drama-dramanya, dan ditanya siapa produser dan sutradaranya, ya dia (Jokowi),” kata salah satu penggagas Maklumat Juanda itu. “Akun-akun yang menyerang Gibran, diserang semua.”(Sumber)