Tekno  

Mendag Zulhas Gandeng YouTube Perkuat Sinergi Kembangkan Ekonomi Digital RI

Pemerintah menegaskan komitmen untuk mengakselerasi digitalisasi ekonomi dan perdagangan Khususnya, bagi industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Begitu dikatakan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan usai melakukan audiensi dengan Chief Executive Officer (CEO) Youtube Neal Mohan di San Francisco, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11).

Pertemuan itu, dikatakan Zulkifli Hasan, membahas penguatan sinergi Pemerintah Indonesia dengan Youtube dalam mewujudkan pengembangan ekonomi dan perdagangan digital.

“Kami mengapresiasi niat baik YouTube untuk bersinergi dengan Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan pengembangan ekonomi dan perdagangan digital, untuk membantu membuka lapangan kerja serta meningkatkan kapasitas UMKM Indonesia,” ujar Zulhas, sapaan karibnya, dalam keterangan tertulis, Jumat (17/11).

Zulhas menyampaikan, Kementerian Perdagangan mendorong pengembangan kapasitas UMKM melalui akselerasi transformasi digital secara inklusif dan berkelanjutan.

“Melalui sinergi dengan Pemerintah, YouTube dapat mendorong inovasi UMKM melalui program-program pengembangan kapasitas seperti pelatihan,” tuturnya.

Dikatakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, YouTube juga menjadi platform digital untuk membantu para pelaku UMKM maupun pembuat konten untuk branding, packaging, dan memasarkan produk- produk yang mereka jual di lokapasar (marketplace).

Pada pertemuan tersebut, Zulhas juga menyampaikan apresiasinya atas program hibah dari YouTube Indonesia dan Google senilai lebih dari Rp2 miliar untuk mendorong akselerasi digitalisasi UMKM yang bekerja sama dengan SMESCO.

“Kami melihat peluang kerja sama dengan YouTube yang lebih luas seperti program pelatihan pemasaran digital bagi UMKM dalam menggunakan fitur-fitur YouTube, seperti YouTube shorts atau video berdurasi pendek maupun video panjang,” pungkasnya.(Sumber)