Ikuti Jejak Valentino Rossi, Francesco Bagnaia Juara MotoGP 2 Musim Beruntun

FRANCESCO Bagnaia baru saja memastikan gelar juara MotoGP 2023. Rider andalan Ducati Lenovo itu menang dua muism beruntun usai berhasil mempertahankan gelar juar musim ini.

Dengan begitu, Pecco -sapaan akrab Francesco Bagnaia- resmi mengikuti jejak senior sekaligus mentornya di MotoGP, Valentino Rossi. The Doctor juga pernah melakukan pencapaian yang sama saat tampil di ajang MotoGP.

Bagnaia sendiri berstatus sebagai juara bertahan musim ini usai berhasil menjadi juara di MotoGP 2022 lalu. Tren positif itu berhasil ia lanjutkan di MotoGP 2023 usai finis terdepan saat mentas di MotoGP Valencia 2023.

Bagnaia mengamankan gelar juara usai bersaing ketat dengan sesama rider Ducati, Jorge Martin. Namun, ia berhasil mengatasi tekanan sang penantang usai tampil apik di seri terakhir yang baru saja berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Start dari posisi terdepan, Bagnaia cukup fokus untuk terus menjaga posisinya. Sebaliknya dengan Jorge Martin, sempat mendekat di awal balapan, rider asal Spanyol itu justru melakukan kesalahan fatal yang membuatnya harus terjatuh di lintasan.

Alhasil, gelar juara dunia pun diamankan Francesco Bagnaia meski balapan belum sepenuhnya selesai. Sebab, perolehan poinnya di klasemen sementara tak mungkin lagi dikejar Jorge Martin yang gagal finis

Keberhasilan Francesco Bagnaia meraih gelar juara dunia MotoGP 2023 membuatnya mencatatkan rekor sebagai salah satu pembalap yang berhasil menjadi juara dunia dua musim berturut-turut.

Sebelumnya ada sejumlah nama lain seperti Marc Marquez hingga Valentino Rossi yang bahkan berhasil mempertahankan gelar juara dunia lima musim berturut-turut. Pencapaian itu dilakukan Rossi pada musim 2001, 2002, 2003, 2004 dan 2005.(Sumber)