Klasemen Akhir Road to BWF World Tour Finals 2023: Indonesia Loloskan 6 Wakil

KLASEMEN akhir ranking road to BWF World Tour Finals 2023 sudah dirilis. Enam wakil Indonesia dipastikan lolos ke BWF World Tour Finals 2023, di antaranya ada Anthony Sinisuka Ginting dan juga Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Ya, Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah merilis perbaruan yang menjadi klasemen akhir raking Road to BWF World Tour Finals 2023. Klasemen akhir ini muncul karena rangkaian turnamen BWF World Tour Finals sudah ditutup dengan ajang China Mastes 2023 pada akhir pekan lalu.

Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting

Di sektor tunggal putra, Indonesia memiliki dua wakil yang lolos ke BWF World Tour Finals 2023. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Jonatan Christie berada di urutan kedua, sementara Ginting ada di posisi keenam

Lalu, lima pemain lain dari sektor tunggal putra yang lolos adalah Kodai Naraoka (1/Jepang), Shi Yu Qi (3/China), Li Shifeng (4/China), Viktor Axelsen (5/Denmark) dan Anders Antonsen (7/Denmark). Kemudian, satu tiket lainnya diraih bintang Thailand, Kunlavut Vitidsarn.

Sejatinya, Kunlavut berada di peringkat sembilan pada klasemen akhir ranking road to BWF World Tour Finals 2023. Tetapi, dia tetap dipastikan lolos karena berhasil menyabet gelar juara dunia 2023. Alhasil, Kenta Nishimoto dari Jepang, yang ada di urutan delapan gagal lolos.

Di sektor tunggal putri, Indonesia punya satu wakil, yakni Gregoria Mariska Tunjung. Dia memastikan metas di BWF World Tour Finals 2023 usai menyegel peringkat delapan.

Sementara itu, lima pemain yang ada di atasnya dan melaju ke turnamen tersebut adalah An Se Young (1/Korea Selatan), Chen Yu Fei (2/China), Tai Tzu Ying (3/Taiwan), Carolina Marin (5/Spanyol) dan Han Yue (6/China).

Sementara itu, Akane Yamaguchi (3/Jepang) memutuskan tak akan tampil, meskipun sebenarnya lolos. Pasalnya, Akane masih dalam masa pemulihan cedera.

Lalu, He Bing Jiao dari China dan duduk di peringkat tujuh tak melaju karena batas maksimal kuota negaranya sudah diraih oleh Chen Yu Fei dan Han Yue. Begitu pula dengan Wang Zhi Yi dari China yang tak bisa menggantikan posisi Akane walau ada di peringkat sembilan.

Alhasil, Beiwen Zhang (Amerika Serikat) dan Kim Ga Eun (Korea Selatan) yang ada di urutan 10 dan 11 yang mendapat kesempatan tampil di BWF World Tour Finals 2023.

Sedangkan di sektor ganda putra, Indonesia mengirimkan dua wakil ke BWF World Tour Finals 2023. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Merada ada di peringkat dua dan delapan.

Lalu, enam pemain lainnya yang lolos adala Liang Wei Keng/Wang Chang (1/China), Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae (3/Korea Selatan), Aaron China/Soh Wooi Yik (4/Malaysia), Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (5/Jepang), Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (6/Denmark) dan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (7/China).

Kemudian, satu lagi wakil Indonesia yang lolos berasal dari sektor ganda putri. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mengamakan posisi sembilan pada klasemen akhir BWF World Tour Finals 2023 dengan koleksi 81.870 poin.

Prifad -sebutan Apriyani/Fadia- bisa lolos, meski berada di peringkat sembilan karena Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang) dan Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China) tak kebagian kuota. Pasalnya, negara mereka sudah mendapat maksimal dua kuota yang tersedia.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Untuk Negeri Tirai Bambu -julukan China, ada Chen Qing Chen/Jia Yifan dan Liu Sheng Shu/Tan Ning, yang duduk di peringkat satu dan lima. Sementara itu, Jepang diwakili oleh Mayu MatsumotoWakana Nagahara dan Nami Matsuyama/Chiharu Shida yang berada di posisi tiga dan empat.

Sementara itu, tiga dari dua duet ganda putri lainnya yang lolos berasal dari Korea Selatan, yaitu Baek Ha Na/Lee So Hee dan Kim So Yeong/Kong Hee Yong yang ada di urutan dua dan delapan.

Lalu, satu tiket tersisa diraih Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dari Thailand yang ada di urutan 11. Pasalnya, Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto, yang ada di atas mereka berasal dari Jepang sehingga tak bisa melaju dengan batas maksimal kuota yang ada untuk masing-masing negara.

Terakhir, di sektor ganda campuran, tak ada satu pun wakil Indonesia yang lolos ke BWF World Tour Finals 2023. Pasalnya, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati hanya berakhir di posisi 15 dan 16.

Adapun pasangan ganda campuran yang mentas di BWF World Tour Finals 2023 adalah Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (1/China) dan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (2/China) yang mewakili China.

Kemudian, ada Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (3/Korea Selatan), Yuta Watanabe/Arisa Higashino (4/Jepang), hingga Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (5/Thailand) yang menempati lima besar.

Tiga wakil lainnya adalah Kim Won Ho/Jeong Na Eun (7/Korea Selatan), Tang Chun Man/Tse Ying Suet (8/Hong Kong), dan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (9/Malaysia).

Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin dari China tak bisa tampil. Pasalnya, batas kuota maksimal negara mereka sudah diamankan Feng/Huang dan Zheng/Huang sehingga diwariskan kepada duet Malaysia yang ada di peringkat sembilan.

Berikut Daftar 6 Wakil Indonesia yang Lolos ke BWF World Tour Finals 2023:

1. Anthony Sinisuka Ginting

2. Jonatan Christie

3. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

4. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

5. Gregoria Mariska Tunjung

6. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti(Sumber)