Ketika Maruarar Sirait Duduk Semeja Bahas IKN Dengan Para Taipan Kakap

Sejumlah taipan Indonesia duduk dalam satu meja. Mereka berdiskusi dengan Politisi PDI Perjuangan, Maruarar Sirait untuk berdiskusi tentang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Momen tersebut dibagikan Maruarar dalam instagram pribadinya, @maruararsirait, Rabu malam (6/12).
Terlihat dalam pertemuan itu di sebelah kiri ada Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) Garibaldi Thohir atau kerap dikenal Boy Thohir.

Kemudian yang di tengah ada Sugianto Kusuma atau Aguan yang merupakan bos perusahaan properti, Agung Sedayu Group. Lalu juga ada orang terkaya RI dan pemilik PT Barito Pacific Tbk (BRPT),

Sebelah kanan, terlihat juga ada Franky Oesman Wijaja yang merupakan putra konglomerat Grup Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja.

“Sambil makan malam, kami berdiskusi dengan pengusaha senior yang sangat sukses,” tulis @maruararsirait dikutip, Kamis (7/12).

Menurutnya, diskusi tentang IKN itu termasuk bagaimana membuat Indonesia menjadi sentris. Pemerataan dengan membangun IKN serta dampak positif kepada masyarakat di sekitar IKN.

Serta membuat pusat ekonomi baru di kawasan Kalimantan yang punya dampak semakin baik kepada Masyarakat luas.

“Senang berdiskusi dengan senior-senior pengusaha sudah puluhan tahun berkiprah dalam perekonomian Indonesia, mendapatkan banyak pengalaman. Maju terus IKN…,” tambah Maruarar.

Diketahui, Aguan merupakan ketua konsorsium pengusaha yang berinvestasi di IKN. Bahkan Jokowi sempat berterima kasih kepada Aguan yang sudah menggelontorkan Rp 40 triliun di IKN.

Bahkan Jokowi melakukan groundbreaking pembangunan hotel bintang lima, yang dinamai Hotel Nusantara IKN pada 21 September 2023 lalu. Investasi pembangunannya berasal dari konsorsium yang beranggotakan kelompok usaha milik para taipan tersebut.

Mengutip dokumen yang diterima kumparan, anggota konsorsium tersebut mencakup Agung Sedayu Group, Salim Group, Sinarmas, Pulau Intan, Djarum, Wings, Adaro, Barito Pacific, Mulia Group, dan Astra International.(Sumber)