Pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei Pensiun

Lee Chong Wei merespons spekulasi masa depannya. Pebulutangkis Malaysia itu mengumumkan pensiun dari bulutangkis melalui konferensi pers siang ini.

Pengumuman itu dilakukan dalam konferensi pers yang ditayangkan lewat Facebook Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada Kamis (13/6/2019). Chong Wei didampingi oleh Menpora, Syed Saddiq Abdul Rahmad, dan Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria, serta istri Wong Mew Choo.

“Saya berada di sini untuk mengumumkan pensiun setelah bersama-sama BAM selama 19 tahun. Ini keputusan yang sulit. Saya mengambil keputusan ini setelah menjalani observasi terakhir di Jepang,” kata Chong Wei dalam konferensi pers tersebut.

Ya, kesehatan menjadi alasan utama Chong Wei untuk memutuskan gantung raket. Setelah pulih dari kanker hidung setelah menjalani pemulihan di Taiwan, pebulutangkis 36 tahun itu sempat kembali berlatih selama beberapa bulan.

Tapi, Chong Wei tak bisa menjalani latihan rutin. Bahkan, enam pekan terakhir dia tak muncul di pelatnas bulutangkis.

Selain tiga perak olimpiade, Chong Wei mengoleksi tiga perak dan satu perunggu Kejuaraan Dunia, lima medali emas Commonwealth Games (tiga tunggal putra dan dua beregu), plus satu perak untuk tunggal putra dan empat perunggu (tiga tunggal putra dan satu beregu) Asian Games. [detik]