Tekno  

China Luncurkan Tianhe Xingyi, Super Komputer Canggih Buatan Dalam Negeri

China meluncurkan sistem superkomputer baru buatan dalam negeri yang diklaim jauh lebih kuat daripada versi sebelumnya pada Rabu (6/12) waktu setempat.

Xinhua melaporkan, sistem superkomputer yang disebut “Tianhe Xingyi”, diresmikan oleh Pusat Superkomputer Nasional di Guangzhou, pada sebuah acara industri di ibu kota Provinsi Guangdong, China selatan.

Xinhua tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai kekuatan komputasi sistem baru yang dimaksud. Namun, Lu Yutong, direktur pusat tersebut, mengatakan bahwa komputer baru itu menggunakan arsitektur yang dirancang dalam negeri dan telah mengungguli Tianhe-2, salah satu superkomputer tercepat di China, dalam kapasitas seperti daya komputasi CPU, jaringan, penyimpanan, dan aplikasi.

Saat ini Tianhe-2 sedang dikembangkan oleh Universitas Nasional Teknologi Pertahanan (NUDT) dan dihosting di Pusat Superkomputer Nasional di Guangzhou.

Tianhe-2 menduduki puncak daftar 500 sistem tercepat di dunia selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2013 tetapi keluar dari posisi teratas pada tahun 2016, setelah pemerintah AS memasukkan NUDT ke dalam daftar hitam yang menghilangkan akses universitas ke Intel prosesor yang digunakan di superkomputernya.

Sistem superkomputer China terkemuka lainnya termasuk Sunway TaihuLight, yang dikembangkan oleh National Supercomputing Center di Wuxi, menduduki peringkat ketujuh dalam daftar Juni 2023 sementara Tianhe-2 menempati peringkat kesepuluh.(Sumber)