News  

Innalillaahi! Ekonom Senior Rizal Ramli Meninggal Dunia

Tokoh bangsa sekaligus ekonom senior, DR. Rizal Ramli dikabarkan tutup usia pada Selasa 2 Januari 2023. Rizal Ramli menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Kabar wafatnya Rizal Ramli mengagetkan berbagai pihak lantaran tak ada kabar sebelumnya, jika ia sakit hingga harus ditangani secara intensif oleh pihak medis.

Rizal Ramli menghembuskan nafas terakhir kali pada usia 69 tahun. Informasi meninggalnya Rizal Ramli didapat dari salah satu staf beliau yang mengirimkan pesan singkat kepada redaksi.

‚ÄúTelah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya,” tulis Tri Wibowo Santoso melalui pesan singkatnya.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai sakit yang diderita oleh Rizal Ramli. Namun pria yang biasanya sangat aktif di media sosial Twitter (kini-X) tersebut terakhir kali mencuitkan tuitan pada 19 November 2023 sewaktu ia dengan bangga memberi selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh cucunya Anabel di kompetisi panahan tingkat SD.

Tak hanya sebagai ahli ekonomi, Rizal Ramli juga merupakan sosok aktivis pergerakan mahasiswa sejak ia berkuliah di ITB. Selama berkuliah, ia pernah menduduki posisi penting seperti Wakil Ketua Dewan Mahasiswa (DEMA) ITB dari tahun 1976 hingga 1977. Rizal bahkan pernah dipenjara oleh Orde Baru pada tahun 1978 arena kritik-kritiknya terhadap kebijakan-kebijakan pemerintahan Soeharto saat itu.

Di era reformasi, Rizal Ramli sempat menduduki beberapa jabatan penting seperti Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) periode 2000-2001. Lalu di tahun yang sama ia juga menjabat Menko Ekonomi, Keuangan dan Industri. Di era pemerintahan Presiden Jokowi, Rizal dipercaya menjabat sebagai Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia pada 2015 hingga 2016.

Pria kelahiran Padang, 10 Desember 1954 ini belakangan dikenal sebagai sosok yang kembali ke jati dirinya dengan sering melemparkan kritik kepada pemerintahan Jokowi atas berbagai kebijakan yang dikeluarkan. Banyak pihak menuding Rizal Ramli sakit hati akibat tak lagi difungsikan. Padahal Rizal Ramli hanya mencoba menjadi diri sendiri kala ia berada di luar pemerintahan.

Selamat jalan Bung Rizal Ramli, semoga pemikiran dan segala tindakanmu memberi inspirasi positif bagi generasi penerus bangsa! {redaksi}