Arinal Djunaidi Jadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Periode Desember 2023

Nama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode Desember 2023. Predikat ini bukan yang pertama diterima oleh kalinya diterima Arinal Djunaidi untuk menempati ranking satu dalam kategori Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler.

Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Arinal Djunaidi, tidak heran jika kemudian Lampung menjadi salah satu basis suara Partai Golkar setiap kali Pemilu berlangsung. Dengan bertenggernya Arinal Djunaidi di peringkat pertama, tentu akan semakin mempertegas kuatnya Partai Golkar di Lampung, utamanya jelang Pemilu 2024.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini pada periode pemberitaan Desember 2023, memiliki berita sebanyak 896 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai pria yang kelahiran Lampung, 17 Juni 1956 ini adalah sebesar 1,5 juta jangkauan.

Pemberitaan Arinal Djunaidi lebih banyak tersorot atas putusan MK mengenai perpanjangan masa jabatan Gubernur Lampung hingga tahun 2024. Kemudian kegiatan Rakor dengan Kepala Desa se-Lampung serta peluncuran beras medium berjaya yang dihadiri Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Ada pula pemberitaan mengenai refleksi akhir tahun Arinal Djunaidi yang memaparkan hasil kinerjanya sejak tahun 2019 hingga 2023. Pemberitaan raihan penghargaan yang didapatkan Arinal Djunaidi terkait dengan keterbukaan informasi publik tahun 2023 juga menjadi isu yang populer untuknya.

Selanjutnya di urutan kedua sebagai Ketua DPD 1 Partai Golkar Terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia adalah Sahbirin Noor, Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan yang juga menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Selatan. Pada periode Desember 2023, Sahbirin Noor memiliki 619 berita dengan jumlah jangkauan mencapai 881.024 reach.

Pemberitaan terkait dengan figur pria yang akrab disapa Paman Birin ini di antaranya adalah raihan dua penghargaan dari Kominfo untuk kategori Top Leader on Digital Implementation dan Top Digital Implementation Bintang Empat. Berita lainnya masih soal penghargaan yakni raihan prestasi sebagai daerah menuju informatif dari Komisi Informasi Pusat.

Berita lain yang cukup populer adalah giat aksi Sahbirin Noor dalam menggalang donasi masyarakat Kalsel untuk rakyat Palestina. Lalu ada berita mengenai dukungan yang diberikan Sahbirin Noor terhadap penetapan PWI pusat untuk menjadikan Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2024.

Di posisi ketiga ada nama Rohidin Mersyah yang juga menjabat sebagai Gubernur Bengkulu. Untuk periode Desember 2023, Rohidin Mersyah memiliki pemberitaan sebanyak 462 berita. Jumlah reach yang dicapai dari pemberitaan sebanyak itu adalah sebesar 408.893 jangkauan.

Berita mengenai Rohidin Mersyah di antaranya adalah tentang, peresmian jembatan elevated di objek wisata Danau Dendam Tak Sudah. Lalu pelaporan Rohidin Mersyah mengenai kualitas Kamtibmas sepanjang tahun 2023 di Bengkulu yang sangat kondusif. Tanggapan Rohidin Mersyah mengenai kedatangan pengungsi Rohingya ke Aceh dan antisipasi apabila mereka turut datang ke Bengkulu.

Pemberitaan lainnya adalah mengenai kehadiran Rohidin Mersyah dalam upacara Hari Bela Negara Ke-75 di Bengkulu. Pernyataan Rohidin Mersyah tentang konsep pendidikan anak PAUD yang harus menyenangkan juga menjadi berita yang populer. Kemudian imbauan Rohidin Mersyah terhadap masyarakat Bengkulu agar merayakan tahun baru dengan cara yang sederhana dan mewaspadai musibah.

Ratu Tatu Chasanah, Ketua DPD I Partai Golkar Banten menjadi tokoh terpopuler keempat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar se-Indonesia. Di periode Desember 2023, Ratu Tatu Chasanah memiliki sebanyak 321 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 876.395 reach.

Pemberitaan mengenai Ratu Tatu Chasanah di antaranya adalah pernyataannya mengenai apresiasi yang diberikan untuk para guru di Kabupaten Serang di momentum HUT PGRI Ke-78. Kemudian pemberian reward yang diberikan oleh Ratu Tatu Chasanah untuk kader Posyandu dan hibah ambulance untuk 33 desa di Kabupaten Serang.

Lainnya adalah permintaan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah kepada BPR Serang yang memiliki Dirut baru agar meningkatkan kinerjanya. Komitmen Ratu Tatu Chasanah untuk mengoptimalkan kerajinan bambu di Desa Tegal Maja juga jadi sorotan banyak media online. Sebagai Ketua Partai Golkar Banten, pernyataan Ratu Tatu Chasanah agar para Caleg tak saling menjatuhkan satu sama lainnya juga menjadi tajuk yang cukup populer.

Untuk bulan Desember 2023 ini, kami mempersempit jumlah publisitas tokoh yang masuk dalam kategori populer hanya menjadi 4 orang. Alasan kami hanya mengeluarkan 4 orang sebagai sarana sosialisasi nomor urut Partai Golkar di Pemilu 2024. Selain itu, tak ada perubahan fundamental terkait dengan riset yang kami lakukan dengan memasukkan nama-nama seluruh Ketua DPD I Partai Golkar ke dalam tools yang kami miliki.

Demikian 4 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan Desember 2023. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 4 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya. Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Desember 2023:

Arinal Djunaidi
Gubernur Lampung
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
Total: 896 Pemberitaan
Reach: 1,5 Juta Jangkauan

Sahbirin Noor
Gubernur Kalimantan Selatan
Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan
Total: 619 Pemberitaan
Reach: 881.024 Jangkauan

Rohidin Mersyah
Gubernur Bengkulu
Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu
Total: 462 Pemberitaan
Reach: 408.893 Jangkauan

Ratu Tatu Chasanah
Bupati Serang
Ketua DPD I Partai Golkar Banten
Total: 321 Pemberitaan
Reach: 876.395 Jangkauan {golkarpedia}