Lewis Hamilton Hengkang ke Ferrari, Jenson Button Sarankan Mercedes Rekrut Fernando Alonso

Mercedes AMG Petronas kehilangan pembalap terbaiknya, Lewis Hamilton lantaran sang driver memilih pindah ke tim Scuderia Ferrrari di Formula One (F1) 2025. Menanggapi kabar tersebut, mantan bintang F1, Jenson Button pun menyarankan Mercedes untuk segera mengamankan jasa pembalap kawakan Aston Martin, yakni Fernando Alonso.

Seperti diketahui, Hamilton secara mengejutkan memilih pindah ke Ferrari pada musim 2025 mendatang. Padahal, dia baru menandatangani kontrak selama dua tahun dengan Mercedes pada musim panas tahun lalu yang seharusnya membuatnya menetap hingga akhir 2025 mendatang.

Namun ternyata, juara dunia tujuh kali itu memutuskan untuk mengaktifkan klausul pelepasan yang membuatnya bisa meninggalkan Silver Arrow -julukan Mercedes- setahun lebih awal. Alhasil, dia akan mengakhiri kerjasamanya dengan tim yang bermarkas di Brackley itu yang sudah terjalin sejak 2013 silam di mana mereka meraih enam gelar juara.

Dengan kondisi tersebut, kursi kosong di Mercedes bakal menarik perhatian banyak pembalap untuk mendampingi George Russel di F1 2025 mendatang. Kepala Tim Mercedes, Toto Wollf pun punya banyak opsi yang tersedia.

Lewis Hamilton pindah ke Ferrari

Namun, dari sekian banyak nama yang ada, Jenson Button, ingin Alonso yang menggantikan Hamilton di Mercedes. Sebab menurutnya, juara dunia dua kali itu masih punya ambisi yang kuat untuk menjadi pemenang meski sudah tak muda lagi. Selain itu, segudang pengalamannya bakal sangat membantu Russel untuk berkembang.

“Bersama George? Saya mungkin menyarankan mantan rekan setim saya Fernando Alonso,” kata Button dilansir dari Express, Minggu (4/2/2024).

Saya ingin sekali melihat Fernando Alonso. Dia berusia 42 tahun sekarang, tapi menurut saya rasa lapar itu ada. Jika rasa lapar itu ada, maka kebugarannya juga ada. Dia mengemudi setiap hari. Dia mengendarai go-kart atau sejenis balapan kart,” tambahnya.

“Jika terjadi, saya pikir itu akan menjadi kemitraan yang keren. Saya pikir mereka akan belajar satu sama lain dengan cukup baik dan saya pikir mereka akan bekerja sama dengan baik,” tuturnya.

Alonso sendiri sudah pernah pensiun dari F1 pada 2019 hingga 2021 lalu. Namun, dia memutuskan comeback sebagai pembalap bersama tim Alpine pada musim 2021 dan 2022. Lalu, bintang asal Spanyol tersebut seakan bangkit kembali ketika pindah ke Aston Martin pada 2023 lalu.

Pada musim lalu, Alonso sendirian mencatatkan delapan podium untuk Aston Martin. Bahkan, dia mengumpulkan poin hampir tiga kali lebih banyak dari rekan setimnya, Lance Stroll, hingga dia bisa finis di urutan keempat.

Fernando Alonso

Kendati demikian, masih ada nama lainnya yang disebut menjadi calon pengganti Hamilton di Mercedes seperti Esteban Ocon dan Alex Albon. Kemudian, ada pula Carlos Sainz Jr, yang masih menganggur pada musim 2025 mendatang setelah kursinya di Ferrari diambil oleh superstar asal Inggris itu.

(Sumber)