Kisah Tragis Lee Chong Wei, Legenda Malaysia Yang Gelarnya Dicabut Karena Doping

KISAHtragis Lee Chong Wei, pebulutangkis legenda Malaysia yang gelarnya dicabut karena kasus doping menarik dikulik. Sebab, kasus ini jadi sorotan besar lantaran nama Lee Chong Wei yang sudah begitu tersohor di dunia bulu tangkis.

Lee Chong Wei jadi salah satu pebulutangkis legendaris Malaysia. Bermain di sektor tunggal putra, dia sudah berhasil merebut banyak gelar juara bergengsi yang membawa harum nama Malaysia di kancah dunia.

Lee Chong Wei

Salah satu prestasi manis berhasil diukir Lee Chong Wei di pentas All England. Di ajang itu, dia bisa merebut gelar juara sebanyak empat kali, yakni pada 2010, 2011, 2014, dan 2017.

Tetapi, di balik kegemilangannya, Lee Chong Wei ternyata pernah mengalami kisah tragis. Pebulutangkis legenda Malaysia ini pernah terseret kasus doping hingga berujung gelarnya harus dicabut.

Hal itu terjadi pada 2014. Kala itu, Lee Chong Wei yang sedang mengikuti ajang Kejuaraan Dunia di Denmark pada Agustus 2014, dinyatakan positif mengonsumsi zat terlarang, yakni dexametason.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) pun menjatuhkan sanksi larangan bermain untuk Lee Chong Wei. Tetapi beruntung, panel BWF kemudian mengumumkan bahwa dexametason bukanlah obat terlarang di dunia olahraga. Lee Chong Wei pun dinyatakan tidak bersalah.

Lee Chong Wei

Meski bisa terbebas dari hukuman, Lee Chong Wei harus menerima kenyataan pahit karena medali perak yang didapat di Kejuaraan Dunia 2014 harus dicabut. Semua itu karena kasus doping yang dialaminya.

Hingga pensiun, Lee Chong Wei pun tak pernah bisa merebut gelar juara dunia. Selain itu, dia juga tidak bisa meraih medali emas Olimpiade.(Sumber)