Nusron Wahid Puncaki Daftar 4 Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Periode Januari 2024

Di masa-masa menjelang Pemilu 2024, sepertinya popularitas Nusron Wahid semakin moncer. Untuk kesekian kalinya, ia berhasil mematahkan dominasi Bambang Soesatyo atau Bamsoet sebagai anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI terpopuler periode Januari 2024. Bergesernya popularitas Bamsoet oleh Nusron Wahid ini tampaknya berkorelasi terhadap jabatan mantan Ketua Umum GP Ansor tersebut sebagai Sekretaris TKN Prabowo-Gibran.

Meski begitu, status Nusron Wahid sebagai anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI tak bisa dilepaskan begitu saja. Ia tetaplah seorang legislator yang memiliki tanggung jawab terhadap konstituen dan rakyat Indonesia.

Anggota DPR yang duduk di gedung parlemen memiliki beberapa tugas dan fungsi, fungsi paling utama ada tiga hal, yakni fungsi legislasi, budgeting dan pengawasan. Dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut, anggota DPR RI jelas harus memiliki kapasitas komunikasi.

Ia harus secara terang menjelaskan kepada rakyat atau konstituen yang memilihnya apa saja pekerjaannya, bagaimana aspirasi yang dihembuskan rakyat dan lainnya.

Parlemen sendiri diambil dari kata “le Parle” yang mempunyai makna “bicara”. Jadi, jangan heran apabila orang-orang yang duduk di kursi parlemen adalah orang-orang yang “suka” berbicara di depan publik, karena memang tugas-tugasnya sebagai penyambung lidah rakyat kepada negara.

Saluran seorang anggota parlemen untuk berbicara adalah media publik. Media bisa menjadi indikator mengenai efektifitas kinerja seorang anggota parlemen diukur, dari apa yang dibicarakannya atau secara sengaja mempublikasikan kinerjanya.

Berangkat dari alasan ini, kami Golkarpedia.com mengadakan riset terkait anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan Desember 2023. Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki.

Untuk urutan pertama, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Nusron Wahid. Pria kelahiran Kudus, Jawa Tengah ini merupakan anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi persoalan di bidang industri, investasi dan persaingan usaha. pada Januari 2024, Nusron Wahid memiliki 1.338 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 11,9 juta reach.

Seperti telah diduga sebelumnya, pemberitaan tentang Nusron Wahid banyak ditopang oleh tugasnya sebagai Sekretaris TKN Prabowo-Gibran. Dalam persoalan memberi pernyataan pada pers, Nusron Wahid seperti menjadi frontman terhadap isu yang menerpa pasangan Capres-Cawapres dari Koalisi Indonesia maju ini.

Beberapa pemberitaan yang tersorot mengenai Nusron Wahid antara lain mengenai pernyataannya tentang Pemilu satu putaran. Nusron Wahid dalam hal ini menilai, rakyat Indonesia beramal Rp. 27 Triliun jika Prabowo-Gibran menang satu putaran di Pilpres 2024. Kemudian berita mengenai isu koalisi pasangan Capres 01 dan 03, Nusron Wahid meminta koalisi keduanya dilakukan saat ini saja.

Selanjutnya ada pula pemberitaan tentang tanggapan Nusron Wahid terkait skor yang diberikan oleh Anies-Ganjar kepada Prabowo saat debat Capres. Nusron menganggap kalau kedua Capres lawan Prabowo tak memiliki kapasitas untuk melakukan penilaian kinerja terhadap Menteri Pertahanan RI.

Di posisi kedua, ada nama Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet. Pada periode Januari 2024, Bamsoet memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 958 berita di berbagai media online. Jangkauan pemberitaan mengenai Bamsoet sendiri sangat besar, mencapai 3,8 juta reach.

Berita mengenai Bamsoet didominasi oleh pernyataannya mengenai pentingnya pintu darurat konstitusi. Pernyataan ini disampaikan oleh Bamsoet saat ia menghadiri pengukuhan rektor Universitas Kristen Indonesia (UKI) sebagai guru besar. Kemudian ada pula pernyataannya tentang permintaan Bamsoet kepada pemerintah agar mengkaji ulang rencana kenaikan pajak hiburan.

Di tempat ketiga ada nama Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. Komisi ini membidangi lingkup tugas di sektor pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika. Untuk periode Januari 2024, Meutya Hafid memiliki sebanyak 545 pemberitaan. Jangkauan yang dihasilkan dari pemberitaan sebanyak itu mencapai 3,8 juta jangkauan.

Nama Meutya Hafid banyak tersorot atas pernyataannya mengenai boleh tidaknya presiden memihak di dalam Pemilu. Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar ini menilai, presiden memiliki hak politik sebagai individu untuk memihak peserta Pemilu.

Kemudian ada pemberitaan terkait debat Capres yang mengangkat isu pertahanan sebagai salah satu pembahasan. Dalam debat tersebut, Meutya Hafid membela Capres Prabowo Subianto yang dianggapnya telah dipojokkan oleh dua Capres lainnya dan didesak untuk mengungkapkan rahasia pertahanan RI.

Urutan keempat, ada nama Ace Hasan Syadzily yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI. Komisi VIII DPR membidangi urusan agama, sosial, kebencanaan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Ace Hasan Syadzily pada Januari 2024, memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 332 berita dengan jangkauan mencapai 1,3 juta reach.

Berita mengenai Ace Hasan Syadzily di antaranya adalah tentang pernyataannya mengenai isu pemakzulan Presiden Jokowi yang dianggapnya sebagai gerakan politik yang dilakukan oleh pihak-pihak yang takut kalah pada Pilpres 2024. Berita lainnya adalah tentang penegasan Ace Hasan Syadzily terhadap Bansos yang disalurkan pemerintah sebagai kewajiban negara menjadi garda terdepan membantu rakyatnya.

Pada Januari 2024, kami melakukan pembaharuan dari yang sebelumnya ada 10 orang menjadi hanya 4 orang yang kami cantumkan. Penyempitan yang kami lakukan dalam rangka turut mensosialisasikan nomor urut 4 milik Partai Golkar. Hingga nomor 4 nanti akan menjadi top of mind di publik jika disebutkan terus menerus.

Daftar mengenai 4 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya dan kami redaksi Golkarpedia.com pun akan memperbarui daftar ini pada tiap periodenya. Semoga daftar ini menjadi pemicu semangat dari masing-masing anggota DPR RI agar lebih banyak bersuara di media.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Januari 2024

Nusron Wahid
Anggota Komisi VI DPR RI
Sekretaris TKN Prabowo-Gibran
Total: 1.338 Pemberitaan
Reach: 11,9 juta jangkauan

Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
Total: 958 Pemberitaan
Reach: 3,8 juta jangkauan

Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar
Total: 545 Pemberitaan
Reach: 3,8 juta jangkauan

Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat
Total: 332 Pemberitaan
Reach: 1,3 juta jangkauan {golkarpedia}