Balap  

Sean Gelael Targetkan Juara Dunia FIA WEC 2024 Bersama Valentino Rossi

Pembalap mobil ternama Indonesia Sean Gelael menargetkan juara dunia bersama Valentino Rossi di ajang FIA World Endurance Champhionship (WEC) 2024. Keduanya akan memperkuat Team WRT pada musim ini.

Seperti diketahui, Sean Gelael dan Rossi akan kembali memperkuat tim WRT di ajang balap mobil internasional tersebut. Sebelumnya pada ajang FIA WEC musim 2022, Sean Gelael yang turun bersama dengan tim WRT mencatatkan tiga kali kemenangan.

Sean Gelael dan Valentino Rossi

“Terima kasih banyak Pertamina atas dukungannya, alhamdulilah dengan pertamax turbo visi misinya untuk masuk ke endurance championshipnya perlu ketahanan yang tinggi dalam performa. Untuk balapannya sendiri saya rasa sama, kita juara kedua dunia dua kali, jadi insyallah tahun ini bisa pecah telur (juara),” kata Sean Gelael dalam konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, Senin 12 Februari 2024.

Di ajang FIA WEC 2024, Sean akan mengendarai mobil nomor 31 bersama pebalap asal Brasil, Augusto Farfus, dan pebalap Inggris, Darren Leung. Sementara itu Vale dengan nomor kebesarannya, 46, bakal ditemani oleh Maxime Martin (Belgia) dan Ahmad Al-Harthy (Oman).

“Kelas GT3 memang baru bagi saya, tapi saya punya Team WRT yang hebat dan rekan setim Augusto Farfus yang berpengalaman, ditambah pembalap sedinamis Darren Leung. Saya tak sabar untuk segera memulai musim 2024 dan meraih hasil bagus,” ujar Sean.

Perjuangan Sean Gelael dan Rossi dipastikan mendapat tambahan dukungan. Itu setelah Langkah besar diambil Pertamax Turbo guna menancapkan diri di persaingan global dengan berpartisipasi mendukung talenta otomotif nasional Sean Gelael dan legenda balap internasional Rossi dalam salah satu kejuaraan balap mobil bergengsi di dunia tersebut.

Pertamax Turbo sebelumnya telah mendukung Sean Gelael sejak tahun 2016 di GP2 sampai dengan tahun 2023 dan kini kembali mengikat kontrak Sean Gelael bersama Valentino Rossi, dimana keduanya nanti bernaung di W Racing Team (WRT) dalam FIA WEC 2024 dikelas LMGT3 (GT3).

Pertamax Turbo akan menjadi sponsor penuh Sean, Vale, dan Team WRT, di mana mereka nanti akan mengendarai mobil BMW M4 GT3.

​​​​​​Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengatakan dukungan Pertamina Patra Niaga menggandeng Sean Gelael dan Valentino Rossi sebagai Brand Ambassador Pertamax Turbo adalah upaya mendorong dan memperkenalkan Pertamax Turbo sebagai bahan bakar kelas dunia.

“Pada hari ini kami sangat bangga. Pertamax Turbo akan digaungkan oleh Sean Gelael, talenta otomotif Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa di kancah balap internasional, serta Valentino Rossi, legenda balap yang dikenal berbagai generasi. Harapannya, baik Sean dan Vale bisa meraih podium pada musim ini,” terang Riva.

Bagi Sean (27), ini adalah tahun keempatnya di FIA WEC dan tahun ketiga bersama WRT. Prestasi hebat Sean adalah ketika membuat sejarah beruntun bagi Indonesia. Pertama, menjadi pebalap pertama yang naik podium (P2) di 24H of Le Mans 2021.

Lalu, menjadi pebalap Indonesia pertama yang mampu memenangi balapan FIA WEC, tiga kali pada musim 2022. Selain itu, Sean juga dua kali menjadi runner-up dunia kelas LMP2 pada 2021 dan 2022.

Valentino Rossi

Itu adalah pencapaian tertinggi bagi seorang pebalap Indonesia di ajang yang diakui oleh FIA. Sementara itu bagi Vale yang sebentar lagi menginjak usia 45, ini adalah tahun pertamanya tampil semusim penuh di FIA WEC.

Selepas pensiun namun namanya tetap melegenda sebagai jawara MotoGP pada 2021, Vale langsung banting setir mengikuti balap ketahanan mobil di Eropa pada 2022.

Rossi pun mengungkapkan bahwa dirinya senang kembali bisa berada di tim yang sama dengan Sean dan bakal saling berbagi data balapan. Hal itu diungkapkannya lewat tayangan video yang ditampilkan dalam konferensi pers Global Partnership antara Pertamax Turbo dengan Tim WRT di Jakarta, Senin 12 Februari 2024.

“Bagi saya, Sean adalah teman baik. Memang kami satu tim dan berbeda mobil, tapi kami tetaplah bersahabat dan bisa saja share data. Intinya, saya sangat senang satu tim dengan Sean,” kata Rossi.(Sumber)