Arinal Djunaidi Jadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Periode Januari 2024

Nama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode Januari 2024. Predikat ini bukan yang pertama diterima oleh kalinya diterima Arinal Djunaidi untuk menempati ranking satu dalam kategori Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler.

Tentu ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Arinal Djunaidi, tidak heran jika kemudian Lampung menjadi salah satu basis suara Partai Golkar setiap kali Pemilu berlangsung. Dengan bertenggernya Arinal Djunaidi di peringkat pertama, tentu akan semakin mempertegas kuatnya Partai Golkar di Lampung, utamanya jelang Pemilu 2024.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini pada periode pemberitaan Januari 2024, memiliki sebanyak 591 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai pria yang kelahiran Lampung, 17 Juni 1956 ini adalah sebesar 1,8 juta jangkauan.

Pemberitaan Arinal Djunaidi lebih banyak tersorot atas pertemuan dirinya dan Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep. Dalam kesempatan itu, Arinal Djunaidi sempat menceritakan mengenai apa saja karya Presiden Jokowi yang merupakan ayah dari Kaesang di Lampung. Selanjutnya ada pemberitaan mengenai apresiasi Arinal Djunaidi terhadap kinerja BI Lampung dalam mendukung perekonomian daerah.

Berita lain yang turut mendongkrak popularitas Arinal Djunaidi adalah audiensi antara Gubernur Lampung dengan PWNU dan PW Muslimat NU Lampung. Pada kesempatan itu, PWNU Lampung mengundang Arinal Djunaidi menghadiri pelantikan pengurus baru.

Di urutan kedua sebagai Ketua DPD 1 Partai Golkar terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia adalah Sahbirin Noor, Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan yang juga menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Selatan. Pada periode Januari 2024, Sahbirin Noor memiliki 402 berita dengan jumlah jangkauan mencapai 1,03 juta reach.

Pemberitaan terkait dengan figur pria yang akrab disapa Paman Birin ini di antaranya adalah terkait pengukuhan kepala BPKP perwakilan Kalsel yang dilakukan olehnya selaku Gubernur Kalsel. Kemudian pesan Sahbirin Noor kepada ASN di Kalsel agar senantiasa menjaga disiplin dan integritas dalam bekerja.

Berikutnya ada pemberitaan mengenai pesan yang diberikan Sahbirin Noor kepada para pelajar di Kalsel. Ia mengatakan bahwa pelajar memiliki peran penting sebagai penyangga masa depan bangsa. Kemudian ada kegiatan Sahbirin Noor menghadiri haul Guru Sekumpul bersama santri Pondok Da’wah Islamiyah.

Di posisi ketiga ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily. Di periode Januari 2024, Ace Hasan memiliki sebanyak 332 pemberitaan yang tersebar pada berbagai media online baik lokal maupun nasional. Untuk jangkauan pemberitaan terkait dengan Ace Hasan Syadzily sebesar 1,3 juta reach.

Pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily antara lain mengenai tanggapan Ace Hasan Syadzily terkait isu pemakzulan Presiden Jokowi sebagai dampak dari Pilpres 2024. Ace mengatakan bahwa pihak-pihak yang mewacanakan hal ini takut kalah dalam gelaran Pemilu 2024.

Ada juga pemberitaan mengenai pendapat Ace Hasan Syadzily tentang bencana banjir di Dayeuhkolot. Dalam persoalan ini, Ace Hasan meminta pemerintah atasi persoalan banjir secara komprehensif agar tak jadi bencana musiman. Pernyataan Ace Hasan mengenai harapan terhadap kaum santri yang bisa jadi politikus masa depan juga banyak disorot oleh media massa.

Posisi keempat diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu, Rohidin Mersyah yang menjabat sebagai Gubernur Bengkulu. Untuk periode Januari 2024, Rohidin Mersyah memiliki pemberitaan sebanyak 285 berita. Jumlah reach yang dicapai dari pemberitaan sebanyak itu adalah sebesar 541.273 jangkauan.

Berita mengenai Rohidin Mersyah di antaranya adalah tentang, Gubernur Bengkulu tersebut yang mendapatkan anugerah sebagai anggota kehormatan lembaga adat Melayu Jambi dengan sebutan Datuk H. Rohidin Mersyah dari Gubernur Jambi H. AL Haris. Ada pula pemberitaan mengenai instruksi yang diberikan oleh Rohidin Mersyah untuk melakukan penanganan darurat mengatasi amblesnya jalan liku 9.

Untuk bulan Januari 2024 ini, kami mempersempit jumlah publisitas tokoh yang masuk dalam kategori populer hanya menjadi 4 orang. Selain itu, tak ada perubahan fundamental terkait dengan riset yang kami lakukan dengan memasukkan nama-nama seluruh Ketua DPD I Partai Golkar ke dalam tools yang kami miliki.

Demikian 4 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan Januari 2024. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 4 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya. Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Januari 2024

Arinal Djunaidi
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
Gubernur Lampung
Total: 591 Pemberitaan
Reach: 1,8 juta jangkauan

Sahbirin Noor
Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan
Gubernur Kalimantan Selatan
Total: 402 Pemberitaan
Reach: 1,03 juta jangkauan

Ace Hasan Syadzily
Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Barat
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
Total: 332 Pemberitaan
Reach: 1,3 juta jangkauan

Rohidin Mersyah
Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu
Gubernur Bengkulu
Total: 285 Pemberitaan
Reach: 541.273 jangkauan {golkarpedia}