4 Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode Januari 2024

Ketua Komisi I DPR RI yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Media dan Opini (MPO) DPP Partai Golkar, Meutya Hafid bercokol di posisi pertama dalam daftar politisi dan tokoh perempuan Partai Golkar terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan periode Januari 2024. Keberadaan Meutya Hafid di posisi pertama menggeser Ratu Tatu Chasanah yang pada periode sebelumnya memuncaki daftar politisi perempuan terpopuler Partai Golkar. .

Mengenai kategori politisi perempuan terpopuler, kami mengangkat hal ini karena merasa dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan.

Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya. Beberapa nama perempuan hebat berada di Partai Golkar, sebut saja politisi perempuan senior Partai Golkar Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong, lalu ada pula nama Mien Sugandhi yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan era orde baru pada tahun 1993-1998.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan Partai Golkar mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, kami redaksi Golkarpedia.com mencoba melakukan riset terkait dengan siapa saja politisi perempuan Partai Golkar yang dikenal akrab di telinga publik.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan Januari 2024 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini di kurun waktu periode yang kami tentukan.

Di urutan pertama, Golkarpedia.com menemukan nama Di posisi keempat ada nama Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar.

Pada periode Januari 2024, Meutya Hafid memiliki 545 pemberitaan dengan jangkauan paling besar di antara lainnya, yakni mencapai 3,8 juta reach. Besarnya jangkauan pemberitaan Meutya Hafid ini terjadi lantaran lebih banyak media massa nasional dibanding media lokal yang memuat pemberitaan mengenai dirinya.

Atas posisinya yang strategis sebagai Ketua Komisi I DPR RI yang membidangi urusan pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, serta intelijen Meutya Hafid memang banyak mendapatkan fokus pemberitaan mengenai kinerjanya. Salah satu pemberitaan populer tentang dirinya adalah mengenai pembelaannya terhadap Presiden Jokowi atas pernyataan memihak Paslon dalam Pilpres. .

Ibunda dari baby Lyora ini juga mendapatkan pemberitaan populer atas tanggapannya mengenai peringatan yang dilontarkan oleh Meutya Hafid kepada Hasto Kristiyanto agar tak menarik kasus Boyolali ke masalah politik. Hal lain adalah pendapat Meutya Hafid kala ditanyai wartawan mengenai kemungkinan Maruarar Sirait gabung Partai Golkar pasca mengundurkan diri dari PDIP.

Di posisi kedua ada nama Ketua Umum DPP Pengajian Alhidayah yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian. Legislator asal Kalimantan Timur ini pada periode Januari 2024 memiliki 258 pemberitaan dengan jangkauan mencapai 670.789 reach.

Pemberitaan mengenai Hetifah antara lain tentang upayanya mendorong keselarasan kebijakan pendidikan di Kaltim dan IKN. Kemudian paparan Hetifah mengenai 3 aspek krusial dalam penguatan kapasitas para pelaku ekonomi kreatif di Kalimantan Timur. Serta pernyataan Hetifah agar generasi muda dan pembaharuan pendidikan guna mempersiapkan diri untuk menghadapi kecerdasan artifisial menyongsong Indonesia Emas 2045.

Di posisi ketiga ada nama Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Untuk periode Januari 2024, bupati cantik ini mendapatkan pemberitaan sebanyak 216 berita dari berbagai media online. Pemberitaan tersebut menghasilkan reach sebesar, 431.201 jangkauan.

Beberapa berita yang mendorong popularitas Indah Putri Indriani pada periode Januari 2024 ini antara lain adalah mengenai giat Indah Putri Indriani memantau langsung program pelayanan kesehatan keliling yang dicanangkannya.

Kemudian ada pemberitaan tentang kondisi jembatan Rongkong yang rusak dan butuh perhatian Pemprov Sulawesi Selatan. Sebagai Bupati Lutra, Indah Putri Indriani langsung berkoordinasi dengan Pemprov untuk segera memperbaiki jembatan yang rusak tersebut. Selanjutnya raihan penghargaan SMSI Award 2023 yang diterima Indah Putri Indriani atas komitmennya terhadap keterbukaan informasi.

Di posisi keempat ada nama anggota Komisi I DPR RI, Nurul Arifin. Pada periode Januari 2024, Nurul Arifin memiliki pemberitaan sebanyak 197 berita pada berbagai media online. Dengan pemberitaan sebanyak itu, reach yang dicapai oleh berita mengenai Nurul Arifin adalah sebesar 1,1 juta jangkauan.

Berita mengenai perempuan yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar ini antara lain terkait penegasannya bahwa Prabowo Subianto sudah berhasil dan konsisten menjadi menteri berkinerja terbaik di pemerintahan Jokowi. Kemudian usul Nurul Arifin tentang wacana kenaikan pajak hiburan. Dalam persoalan ini, Nurul Arifin meminta pemerintah pertahankan aturan pajak yang ada tanpa perlu kenaikan.

Demikian 4 besar tokoh dan politisi perempuan Partai Golkar yang masuk dalam jajaran terpopuler dengan indikator publisitas pemberitaan selama periode tertentu. Dengan terangkumnya empat besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan Januari 2024, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak.

Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Februari 2024:

Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI
Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar
Total: 545 Pemberitaan
Reach: 3,8 juta jangkauan

Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI
Ketua Umum DPP Pengajian AlHidayah
Total: 258 Pemberitaan
Reach: 670.789 jangkauan

Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara
Ketua DPD II Partai Golkar Luwu Utara
Total: 216 Pemberitaan
Reach: 431.201 jangkauan

Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI
Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar
Total: 197 Pemberitaan
Reach: 1,1 juta jangkauan {golkarpedia}