Ini 5 Pembalap Calon Kuat Juara MotoGP 2024

TERDAPAT5 pembalap calon kuat juara MotoGP 2024 yang akan dibahas Okezone di artikel ini. Seperti yang diketahui, MotoGP 2024 segera dimulai, tepatnya seri perdana akan berlangsung di GP Qatar pada 8-10 Maret mendatang.

22 pembalap dari 11 tim di MotoGP 2024 pun siap menampilkan yang terbaik agar bisa menjadi juara di musim ini. Tentu tidak akan mudah untuk bisa merebut gelar juara di MotoGP 2024 lantaran memiliki 21 seri.

Jika digabungkan dengan sprint race, maka total ada 42 balapan yang bakal membuat MotoGP 2024 semakin menarik. Dari 22 pembalap, tentu ada yang dijagokan untuk bisa menjadi juara di musim ini.

Para pembalap yang masuk menjadi kandidat juara itu tak terlepas dari hasil penilain penampilan mereka di musim lalu. Ditambah performa di sepanjang pramusim, maka setidaknya ada lima rider yang layak disebut sebagai kandidat kuat juara. Lantas siapa saja?

Berikut 5 Pembalap Calon Kuat Juara MotoGP 2024:

5. Aleix Espargaro (Aprilia Racing)

Aleix Espargaro

Aleix Espargaro tampil mengagumkan di sepanjang tes pramusim MotoGP 2024, baik saat di Qatar maupun di Malaysia. Espargaro yang sudah sangat memahami motor Aprilia itu pernah bersaing ketat memperebutkan gelar juara MotoGP 2022 meski akhirnya finis di posisi keempat.

Lalu pada MotoGP 2023, Espargaro pun cuma bisa finis di peringkat keenam. Namun, peluang Espargaro untuk tetap bisa bersaing di papan atas musim ini jelas terbuka lebar.

4. Enea Bastianini (Ducati Lenovo)

Enea Bastianini

Enea Bastianini mengalami musim yang berat di MotoGP 2023 karena mengalami cedera. Total ia hanya bisa mengikuti 11 balapan saja di musim tersebut.

Padahal MotoGP 2023 merupakan musim perdana Bastianini berada di tim pabrikan Ducati. Namun, Bastianini bisa membalas kegagalan itu dengan tampil bersinar di MotoGP 2024.

Sejauh ini, Bastianini pun tampil memukau di tes pramusim. Bahkan di hari kedua tes pramusim MotoGP Qatar 2024, Bastianini mampu menjadi pembalap tercepat kedua.

3. Jorge Martin (Pramac Ducati)

Jorge Martin

Martin mampu memberikan perlawanan kepada Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) hingga akhir seri MotoGP 2023. Meski pada akhirnya gagal mengalahkan Bagnaia dan harus puas finis di posisi kedua, pembalap tim Pramac Ducati tersebut tetap mendapatkan apresiasi yang luar biasa.

Martin pun kembali dijagokan untuk bersaing di papan atas klasemen MotoGP. Bahkan, Martin yang kini semakin matang dipercaya sanggup untuk merebut gelar juara.

2. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo)

Francesco Bagnaia

Berstatus sebagai sang juara bertahan, Bagnaia jelas layak masuk ke dalam kandidat kuat juara MotoGP 2024. Penampilannya di 2023 membuktikan betapa berbahayanya rider berpaspor Italia tersebut.

Bagnaia pun memiliki ambisi lain di MotoGP 2024. Yakni meraih gelar juara ketiganya secara beruntun di MotoGP. Jika itu berhasil, maka hattrick juara MotoGP itu akan semakin membuktikan betapa kuatnya Bagnaia.

1. Marc Marquez (Gresini Ducati)

Marc Marquez

Marquez sejatinya baru bergabung dengan Gresini Ducati. Banyak yang menilai Marquez perlu beradaptasi dengan tim satelit Ducati tersebut dan tentu juga dengan motor Desmosedici GP23.

Kendati demikian, Marquez beberapa kali mampu memberikan kejutan selama tes pramusim. Terbaru, Marquez menjadi pembalap tercepat keempat di tes pramusim MotoGP Qatar 2024.

Andai Marquez bisa terus mematangkan gaya balapannya di atas kuda besi Ducati, maka bukan tidak mungkin The Baby Alien bisa bersaing dan meraih gelar juara dunia MotoGP ketujuhnya.

(Sumber)