Marc Marquez dan Francesco Bagnaia Wajib Waspadai Enea Bastianini di MotoGP 2024

Pembalap penguji KTM, Pol Espargaro, yang kini menyambi sebagai komentator MotoGP, menyebut Marc Marquez dan Francesco Bagnaia, menjadi kandidat juara terkuat di MotoGP 2024. Namun, ia menilai kedua rider tersebut juga patut mewaspadai Enea Bastianini, yang nampak bakal bangkit tahun ini dan kembali ke jalur perebutan gelar juara.

Ya, setelah kehilangan kursi pembalap reguler di Red Bull GASGAS Tech3, Esparagaro, diberikan tugas sebagai rider penguji oleh KTM. Namun, lembaran baru dalam kariernya setelah menderita cedera parah tahun lalu tak hanya di atas trek saja.

Marc Marquez (Gresini Racing) melaju di Sirkuit Internasional Sepang pada Tes Pramusim MotoGP 2024 (Foto: Twitter/@marcmarquez93)

Di luar sirkuit, kini Espargaro akan menjadi komentator MotoGP bersama media Spanyol, DAZN. Ia mengikuti jejak mantan bintang MotoGP, Jorge Lorenzo, yang sudah lebih dulu terjun sebagai pundit di media tersebut.

Dalam pengamatannya, Espargaro menilai Marquez, yang baru pindah ke Gresini Racing setelah 11 musim bersama Repsol Honda bakal kembali bersaing dalam jalur perebutan gelar juara MotoGP 2024 usai kali terakhir menyabetnya pada 2019. Kemudian, ia juga menjagokan Pecco untuk meraih titelnya di kelas utama tiga musim berturut-turut.

“Tidak diragukan lagi, Marc Marquez dan Pecco Bagnaia (kandidat juara MotoGP 2024),” kata Espargaro dilansir dari Motosan, Jumat (1/3/2024).

Namun, pembalap asal Spanyol itu menyebut Marquez dan Pecco wajib mewaspadai Bastianini di MotoGP 2024 setelah menjalani debut yang kurang menyenangkan dengan Ducati Lenovo musim lalu karena serangkaian masalah cedera. Padahal, pada musim 2022 ketika masih di Gresini, La Bestia mampu finis di peringkat ketiga klasemen.

Sepanjang tes pramusim, rekan setim Pecco itu pun menunjukkan performa yang luar biasa. Bastianini berada di tempat kedua dalam tes di Qatar dengan selisih 0,120 detik saja dari waktu tercepat yang dicatatkan kompatriotnya itu.

“Dan berhati-hatilah dengan Enea Bastianini, yang mengalami nasib buruk dengan cedera tahun lalu dan itu menghalanginya untuk menjadi yang teratas. Tapi menurut saya The Beast akan menjadi pembalap yang harus diperhatikan tahun ini,” jelas Espargaro.

Enea Bastianini (Ducati Lenovo) menggeber motor Ducati Desmosedici GP24 (Foto: Twitter/@ducaticorse)

Selain ketiga pembalap itu, Polyccio juga menyebut kakaknya yang membela Aprilia Racing, Aleix Espargaro, dan bintang KTM Red Bull, Brad Binder, bisa menjadi pesaing perebutan gelar juara MotoGP 2024. Tak ketinggalan, runner-up musim lalu, Jorge Martin, dari Pramac Ducati, juga diprediksinya akan meramaikan kompetisi di papan atas.

“Dan saya juga akan memasukkan Aleix Espargaro dan Brad Binder (sebagai kandidat juara). Dan tentu saja saya juga harus memasukkan Jorge Martín,” pungkas rider berusia 32 tahun itu.(Sumber)