Ini Penyebab Jok Mobil Lewis Hamilton Rusak di F1 GP Bahrain 2024

PENYEBAB jok mobil Lewis Hamilton rusak di F1 GP Bahrain 2024 terungkap. Pembalap Mercedes-AMG Petronas itu menyebut semuanya berawal ketika dirinya mengerem di Tikungan 1 dan membuat joknya bergeser.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Internasional Bahrain pada Sabtu, 2 Maret 2023 itu, Hamilton membuat laporan yang mengejutkan di tengah-tengah balapan. Dia mengungkapkan kepada timnya lewat radio bahwa ada cacat pada kursi di kokpit mobilnya.

Juara dunia tujuh kali itu mengungkapkannya kepada Teknisi Balap Mercedes, Peter Bonnington, ‘Kursi saya rusak’. Beruntung, kerusakan itu tak menimbulkan kerugian apapun untuknya karena dia masih bisa finis di posisi tujuh dalam balapan pembuka musim ini tersebut.

Hamilton pun menjelaskan bagaimana jok mobilnya itu bisa rusak di tengah-tengah balapan. Dia menungkapkan bahwa kursi yang didudukinya itu bergeser hingga membuat pantat kirinya melayang.

“Ya, sejujurnya saya pikir saya mengerem di Tikungan 1 dan kemudian joknya bergeser, dan pantat kiri saya pada dasarnya jatuh. Saya kira itu retak, patah, ada yang patah, lalu bergerak-gerak sebentar,” kata Hamilton, dilansir dari Crash, Selasa (5/3/2024).

“Sepertinya pantatku ada di udara. Di satu sisi, dia berada di udara,” tambahnya.

Dalam F1 GP Bahrain 2024 sendiri, rekan setim Hamilton, George Russel, finis dua tempat di atasnya. Kedua pembalap Mercedes itu kalah saing dengan duo Red Bull Racing, Max Verstappen dan Sergio Perez, yang menyegel podium pertama dan kedua, serta duo Ferrari, Carlos Sainz Jr dan Charles Leclerc, yang finis di urutan ketiga dan keempat.

Kepala Teknisi Trackside Mercedes, Andrew Shovlin, mengungkapkan bahwa mobil W15 yang dikendarai Russel dan Hamilton mengalami masalah pada bagian pendinginannya. Alhasil, mesin mobil mereka terlalu panas sehingga mereka kehilangan waktu hingga 0,4 detik per lap.

Shovlin pun tak dapat menutupi rasa kekecewaannya dengan performa yang ditampilkan mobil Silver Arrow -julukan Mercedes. Dia pun bertekad untuk memperbaiki permasalahan yang ada dengan timnya agar kedua pembalap mereka tersebut bisa membalap dengan lebih baik pada pekan depan dalam seri kedua musim ini di GP Arab Saudi 2024.

“Balapan hari ini terbukti menjadi pengalaman yang mengecewakan dan membuat frustrasi. Kami dilanda masalah overheating sejak awal sehingga kami terpaksa mengatasinya sepanjang sebagian besar Grand Prix,” jelas Shovlin.

Lewis Hamilton

“Sangat mengecewakan bahwa kami tampil buruk hari ini. Kami akan pergi dan meninjau apa yang bisa kami lakukan secara berbeda,” imbuhnya.

“Kami juga akan melihat pengaturan kami secara keseluruhan karena jelas bahwa tidak ada pengemudi yang puas dengan keseimbangan mobil seperti yang mereka alami selama sisa akhir pekan. Ini semua adalah tantangan dari sebuah mobil baru dan kami berharap dapat kembali lebih kuat di Jeddah minggu depan,” pungkasnya.

(Sumber)