News  

Sejumlah Menteri Asal PDIP, PKB dan Nasdem Absen Buka Puasa Bareng Jokowi, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo menggelar acara buka puasa bersama menteri-menteri di Istana Negara. Sebagaian hadir, sebagian lagi tidak datang.

Pantauan di lokasi, sejumlah menteri dari PDI Perjuangan, misalnya tampak absen. Begitu juga menteri-menteri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan NasDem.

Menanggapi ketidakhadiran sejumlah pembantu presiden itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie menegaskan bahwa mereka yang tidak hadir sedang ada tugas. Budi sendiri hadir dalam acara buka puasa.

“Bertugas, ada yang ke luar negeri, ada yang apa gitu,” kata Budi usai acara di kompleks Istana Kepresiden, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Budi lantas meminta agar ketidakhadiran sejumlah menteri tersebutnuntuk tidak terlalu didramatisir. Pasalnya mereka tidak hadir memang karena alasan sedang bertugas.

“Jangan didramatisir lah, datang nggak datang. Kayaknya seru-seru aja, makin asik, makin sip,” ujar Budi.

Terpisah, Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas turut menanggapi ketidak hadiran sejumlah menteri dari PDI Perjuangan. Diketahui selain Anas, menteri dari PDIP yang hadir ialah Menseskab Pramono Anung.

Sementara Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly dan Menteri Sosial Tri Rismaharini tidak hadir. Menanggapi ini, Anas mengatakan ketidakhadiran keduanya kemungkinan karena ada acara lain.

“Mungkin ada acara lain beliau,” kata Anas.

Meski tidak hadir, Anas memastikan alasan ketidakhadiran sekumlah menteri dari PDIP tidak terkait dengan politik.

“Mungkin ada kegiatan lain. Nggak (terkait politik), nggak ada,” ujar Anas.

Adapun sejumlah menteri yang tidak hadir, di antaranya KSP Moeldoko, Menko Marinves Luhut Binsar Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Berikutnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Mentan Andi Amran Sulaiman

(Sumber)