Ini 5 Pembalap Termuda Yang Sukses Raih Podium MotoGP

BERIKUT lima pembalap termuda yang sukses raih podium di MotoGP. Dua di antaranya masih berada di grid MotoGP 2024!

Menapaki podium di kelas MotoGP (dulu 500cc) bukan perkara mudah. Selain persaingan sengit, tidak banyak pembalap yang bisa naik ke kelas premier di usia begitu muda.

Podium di MotoGP

Akan tetapi, lima pembalap ini bisa melakukannya. Siapa saja mereka? Simak ulasan berikut.

5 Pembalap Termuda yang Sukses Raih Podium MotoGP

5. Marc Marquez

Marc Marquez

Promosi ke MotoGP pada usia 20 tahun tak lantas menjadikan Marquez sebagai pembalap termuda yang meraih podium. Ia memang mampu mencatatkan prestasi itu pada balapan debutnya, MotoGP Qatar 2013!

The Baby Alien finis di posisi tiga pada seri perdana tersebut. Ia mencatatkannya di usia 20 tahun 49 hari.

4. Norifumi Abe

Norifumi Abe

Pembalap satu ini sempat dianggap sebagai bintang masa depan MotoGP dari Jepang. Abe memang cukup fenomenal saat berkarier.

Betapa tidak, ia sukses naik podium di usia 20 tahun 10 hari pada MotoGP Brasil 1995 dengan menduduki posisi tiga. Sayangnya, karier Abe tidak pernah benar-benar bersinar.

3. Pedro Acosta

Pedro Acosta

Juara dunia Moto2 2023 ini menjadi fenomena baru di MotoGP 2024. Aksi-aksi Acosta menyalip para seniornya mampu menyihir penggemar MotoGP.

Puncaknya, El Tiburon sukses naik podium pada MotoGP Portugal 2024 atau seri kedua yang dijalaninya di posisi tiga. Acosta mencatatkan prestasi itu di usia 19 tahun 304 hari!

2. Eduardo Salatino

Acosta sayangnya berjarak hanya hitungan hari saja dari rekor sebagai pembalap termuda kedua. Ia masih lebih lambat sekira 30 hari dari Salatino!

Pembalap asal Argentina itu naik podium pada usia 19 tahun 274 hari! Spesialnya, Salatino mencatatkan prestasi itu di tanah kelahirannya pada ajang MotoGP Argentina 1962 dengan menjadi runner-up.

1. Randy Mamola

Randy Mamola

Nama pembalap satu ini lebih dikenal karena aksi-aksi nekatnya di lintasan. Pun begitu, Mamola ternyata menyandang gelar sebagai peraih podium termuda di MotoGP atau kelas premier.

Pria asal Amerika Serikat itu naik podium ketika berusia 19 tahun 261 hari pada MotoGP Finlandia 1979. Belum ada yang mampu mengalahkan rekor Mamola tersebut.

Itu tadi lima pembalap termuda yang sukses raih podium di MotoGP. Semoga informasi ini berguna untuk pembaca sekalian.(Sumber)