Perbaiki Hubungan Dengan Muhammadiyah, Hanafi Rais Jadi Ketum PAN?

Wakil Ketua Komisi I DPR yang juga Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hanafi Rais didorong menjadi ketua umum PAN pada Kongres PAN tahun 2020.

Kader Muhammadiyah yang juga Kordinator Pusat Komunitas Relawan Sadar (Korsa), Amirullah Hidayat mengatakan, dia mendorong Hanafi karena putra Amien Rais itu diyakini bisa memperbaiki hubungan PAN dengan Muhammadiyah.

“Seperti kita pahami bersama kelahiran PAN pada tahun 1999 tidak bisa terlepas dari peran Muhammadiyah. Atau dengan kata lain, PAN lahir dari rahim Muhammadiyah sebagaimana NU melahirkan PKB,” ujar Amirullah, Sabtu (13/7).

Dalam perjalanan belakangan ini, jelas Amirullah, hubungan mesra Muhammadiyah dengan PAN tersebut sudah mulai terkikis secara berlahan, bahkan ada di berapa daerah pimpinan dan warga Muhammadiyah mulai kecewa dengan pimpinan PAN.

“Kondisi seperti ini tidak bisa terus dibiarkan. Harus ada langkah langkah perbaikan,” ungkapnya.

Untuk memulihkan hubungan mesra ini, maka ketua umum PAN harus berasal dari anggota Muhammadiyah. Bukan karena dia punya Nomor Kartu Tanda Anggota Muhammadiyah (NKTAM) saja, tetapi juga bisa ditelusuri asal usul kemuhammadiyahannya.

“Karena kalau NKTAM saja saat ini sudah sangat mudah didapat,” lanjut Amirullah.

Menjelang Kongres PAN yang akan dilaksanakan berapa bulan ke depan. Dari wacana yang berkembang tentang calon ketua umum PAN, maka yang jelas kemuhammadiyahannya adalah Hanafi.

Selain Hanafi adalah anak mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Amien Rais, dia juga menjalani pendidikan di Muhammadiyah. SD Muhammadiyah Sapen, SMP Muhammadiyah Kolombo, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Dan menjadi pimpinan di Majelis Pendidikan Kader PP Muhammadiyah pada periode 2010-2015.

“Dengan latar belakang itu, maka sudah tidak diragukan lagi hubungan Hanafi Rais dengan Muhammadiyah. Oleh karena itu, jika Hanafi Rais menjadi ketua umum PAN dapat dipastikan hubungan mesra PAN dengan Muhammadiyah baik secara organisasi maupun warga Muhammadiyah akan kembali,” sebut Amirullah.

“Oleh karena itu kita mengajak dan menghimbau kader dan warga Muhammadiyah yang sekarang menjadi pengurus DPD dan DPW PAN se Indonesia untuk memilih Hanafi Rais pada Kongres PAN nanti,” tutupnya menambahkan. [rmol]