Maverick Vinales Pede Motor Aprilia Kompetitif di MotoGP 2024, Marc Marquez Hingga Francesco Bagnaia Perlu Waspada

Pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales, merasa sangat percaya diri motor RS-GP24-nya bakal tampil kompetitif di semua trek yang ada di MotoGP 2024. Tentu saja, kondisi ini perlu diwaspadai betul para rivalnya, seperti Marc Marquez hingga Francesco Bagnaia, yang ingin memperebutkan gelar juara. Sebab, Vinales bisa saja jadi batu sandungan.

Vinales sendiri memulai balapan perdana musim ini di GP Qatar 2024 dengan biasa-biasa saja. Dia finis di urutan sembilan dalam sprint race dan kemudian berada di posisi 10 dalam balapan utama di Sirkuit Losail.

Maverick Vinales

Namun, Top Gun -julukan Vinales- menunjukkan performa yang sensasional pada seri kedua di MotoGP Portugal 2024 dengan memenangkan sprint race. Dalam balapan 12 lap itu, dia mengalahkan dua jagoan tim satelit Ducati, Marc Marquez dan Jorge Martin.

Bahkan, Vinales nyaris bisa mengamankan podium kedua dalam balapan utama di Sirkuit Algarve itu. Namun sayang, pembalap asal Spanyol itu terjatuh ketika tersisa dua lap lagi sehingga harus mengakhiri penampilan apiknya dengan tanpa poin.

Berdasarkan performa di MotoGP Portugal 2024, Vinales benar-benar merasa motornya memiliki performa yang sangat apik. Dia pun punya perasaan yang bagus pada kuda besinya itu sehingga yakin bisa terus mengembangkannya menjadi lebih baik lagi.

“Saya merasa sangat baik dengan motornya. Saya berjuang dengan motor baru ini, tapi kami tahu motor ini punya banyak potensi dan masih banyak potensi yang bisa dikembangkan, kami harus terus bekerja,” kata Vinales, dilansir dari Motosan, Kamis (4/4/2024).

“Kami tahu, terutama bagi saya, ketika saya melaju kencang, itu adalah ‘perasaan’ yang diberikan motor kepada saya dan saya harus selalu mengendalikannya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Vinales menegaskan bahwa Aprilia harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk terus berkembang menjadi lebih besar lagi. Dia sadar betul modal apik yang dibawanya dari Portugal bakal sangat berguna dalam balapan-balapan berikutnya.

“Jika kami bisa mendapatkan, di atas segalanya, keseimbangan yang kami miliki di Portugal, kami akan mampu bertarung di setiap balapan. Kami siap, kami yakin, Aprilia besar dan merupakan merek yang bekerja keras. Kami harus bermimpi dan percaya pada diri sendiri,” jelas pembalap berusia 29 tahun itu.

Maverick Vinales

Vinales pun percaya diri Aprilia mampu tampil kompetitif di semua trek yang ada di MotoGP 2024. Namun, menurutnya mungkin Sirkuit Montmelo di Catalunya dan Sirkuit Silverstone di Inggris bakal menghadirkan tantangan yang lebih besar bagi motornya.

“Saya yakin tahun ini tidak akan ada trek yang lebih baik atau lebih buruk, saya pikir di semua trek kami bisa kuat. Jelas, ada dua atau tiga trek seperti Montmelo, Silverstone, di mana Anda harus mengambil langkah kecil dengan motornya. Tapi selain itu, saya pikir kami bisa menjadi kompetitif,” pungkas mantan pembalap Yamaha itu.(Sumber)