Arinal Djunaidi Puncaki Daftar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Periode Maret 2024

Nama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com kembali menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode Maret 2024. Predikat ini bukan yang pertama diterima oleh kalinya diterima Arinal Djunaidi untuk menempati ranking satu dalam kategori Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini pada periode pemberitaan Maret 2024, memiliki sebanyak 1.144 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai pria yang kelahiran Lampung, 17 Juni 1956 ini adalah sebesar 581.011 jangkauan.

Pemberitaan Arinal Djunaidi lebih banyak tersorot atas penandatanganan nota kesepakatan antara Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dengan Kejaksaan Tinggi Lampung sebagai wujud kolaborasi dan sinergitas antara lembaga pemerintahan. Selanjutnya ada kegiatan Arinal Djunaidi dalam melepas peserta water day run Lampung tahun 2024.

Pemberitaan lain mengenai safari Ramadhan yang digelar Arinal Djunaidi di Kabupaten Pringsewu. Dalam kegiatan tersebut, Arinal Djunaidi turut membagikan 100 paket sembako untuk warga kurang mampu. Berita pidato di hadapan peserta rapat paripurna DPRD mengenai hari jadi Provinsi Lampung yang ke-60 juga turut menjadi pemberitaan yang populer.

Di urutan kedua sebagai Ketua DPD 1 Partai Golkar terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia adalah Sahbirin Noor, Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan yang juga menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Selatan. Pada periode Maret 2024, Sahbirin Noor memiliki 839 berita dengan jumlah jangkauan mencapai 821.648 reach.

Pemberitaan terkait dengan figur pria yang akrab disapa Paman Birin ini di antaranya adalah mengenai pelantikan 65 pejabat di lingkup Pemprov Kalsel yang dilakukan oleh Sahbirin Noor. Kemudian komitmen Sahbirin Noor untuk menyiapkan 100 tempat berdagang gratis selama bulan Ramadhan untuk UMKM di Kalsel.

Berita lainnya adalah tentang peluncuran rangkaian kegiatan layanan kas keliling dengan tema Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi 2024) yang dilakukan Sahbirin Noor dan Kepala KPw BI Kalsel. Lalu mengenai imbauan yang dilakukan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor agar jajarannya dapat mengendalikan harga komoditas bahan pokok.

Di posisi ketiga ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu, Rohidin Mersyah. Pada periode Maret 2024, Rohidin Mersyah memiliki sebanyak 642 pemberitaan yang tersebar pada berbagai media online baik lokal maupun nasional. Untuk jangkauan pemberitaan terkait dengan Rohidin Mersyah sebesar 454.623 reach.

Pemberitaan mengenai Rohidin Mersyah antara lain adalah imbas dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia Nomor 2/PUU-XXI/2023 membuat Rohidin Mersyah tak bisa lagi mencalonkan diri sebagai Gubernur Bengkulu. Kemudian imbauan yang dikeluarkan Rohidin Mersyah agar masyarakat membelanjakan gaji dan THR Lebaran 2024 dengan bijak.

Posisi keempat mengalami sedikit pergeseran. Jika sebelumnya pada periode Januari 2024, diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar, untuk periode Maret 2024 nama Ketua DPD I Partai Golkar Sumatera Utara, Musa Rajekshah masuk dalam jajaran Ketua DPD I Partai Golkar terpopuler.

Untuk periode Maret 2024, Musa Rajekshah memiliki pemberitaan sebanyak 554 berita. Jumlah reach yang dicapai dari pemberitaan eks wakil Gubernur Sumut tersebut adalah sebesar 3,82 juta jangkauan.

Berita mengenai Musa Rajekshah antara lain keberhasilan Pemilu 2024 Partai Golkar Sumut berkat kepemimpinan dari Ijeck. Keberhasilan Pemilu 2024 di Sumut turut membawa Musa Rajekshah mendapatkan 1 kursi DPR RI dengan raihan 190.929 suara. Selain itu, atas berbagai keberhasilan yang ditorehkannya, Musa Rajekshah juga digadang-gadang sebagai Cagub Sumut paling potensial di Pilkada 2024.

Pemberitaan populer bagi Musa Rajekshah juga tercatat atas pemberian gelar kehormatan untuknya dari Sultan Kotapinang. Selanjutnya mengenai kegiatan Musa Rajekshah dalam meresmikan Masjid Al Musannif Shohibul Arba’ah Siamporik di Kota Labuhan Batu Utara.

Untuk bulan Maret 2024 ini, kami mempersempit jumlah publisitas tokoh yang masuk dalam kategori populer hanya menjadi 4 orang. Selain itu, tak ada perubahan fundamental terkait dengan riset yang kami lakukan dengan memasukkan nama-nama seluruh Ketua DPD I Partai Golkar ke dalam tools yang kami miliki.

Demikian 4 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan Maret 2024. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 4 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya. Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Maret 2024

Arinal Djunaidi
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
Gubernur Lampung
Total: 1.144 Pemberitaan
Reach: 581.011 jangkauan

Sahbirin Noor
Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan
Gubernur Kalimantan Selatan
Total: 839 Pemberitaan
Reach: 821.648 jangkauan

Rohidin Mersyah
Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu
Gubernur Bengkulu
Total: 642 Pemberitaan
Reach: 454.623 jangkauan

Musa Rajekshah
Ketua DPD I Partai Golkar Sumatera Utara
Wakil Gubernur Sumatera Utara Periode 2018-2023
Total: 554 Pemberitaan
Reach: 3,82 juta jangkauan {golkarpedia}