Tekno  

Yahoo Beli Platform Berita Berbasis AI Yang Dikembangkan Pendiri Instagram

Yahoo resmi membeli Artifact, sebuah aplikasi berita dan rekomendasi berbasis AI yang dikembangkan oleh salah satu pendiri Instagram. Aplikasi tersebut kini tidak akan beroperasi sebagai layanan mandiri, melainkan bakal diintegrasikan ke dalam layanan berita Yahoo News yang akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang.

artifact
Informasi mengenai kesepakatan yang dilaporkan rampung minggu lalu tersebut tidak dibeberkan lebih detail, termasuk berapa uang yang terlibat dalam pembelian ini. Pendiri Artifact, Kevin Systrom dan Mike Krieger, akan menjadi penasihat di Yahoo selama masa transisi untuk mengintegrasikan layanan mereka ke Yahoo News.

Bagi kalian yang mungkin tidak mengenal Artifact, aplikasi ini memulai debutnya pada Januari tahun 2023 lalu dan hadir menawarkan sistem yang cukup menarik. Artifact bertujuan untuk meningkatkan feed berita yang dipersonalisasi seiring berjalannya waktu dengan AI. Ia juga punya fitur-fitur AI lain termasuk salah satunya ringkasan berita.

Namun, aplikasi tersebut tidak mendapatkan popularitas layaknya seperti yang diharapkan. Meskipun tim dibaliknya menambahkan fitur sosial seperti profil, komentar, dan sebagainya, Artifact tidak berhasil menggaet audiens yang cukup besar untuk terus lanjut.

Systrom dan Krieger sejatinya sudah mengumumkan rencana penutupan Artifact pada Januari tahun ini, akan tetapi platform tersebut masih berjalan sebelum akhirnya diumumkan pindah tangan.

(Sumber)