Punya Beach Club, Intip 8 Gurita Bisnis Raffi Ahmad Yang Dituduh Terlibat Pencucian Uang

Raffi Ahmad lagi-lagu harus menghadapi kabar yang tak sedap. Sosok yang dijuluki Sultan Andara ini dituduh terlibat dalam pencucian uang bahkan dikait-kaitkan dengan kasus Harvey Moeis.

Sebagai informasi, Harvey Moeis suami Sandra Dewi tengah terjerat kasus korupsi timah yang merugikan negara Rp 271 triliun.

Meski demikian, Raffi Ahmad dan istrinya, Nagita Slavina telah membantah tuduhan pencucian uang. Bahkan Raffi Ahmad mengaku kecewa dengan tuduhan yang dialamatkan kepadanya.

Bukan tanpa alasan, bapak dua anak ini mengaku sudah kerja keras selama 20 tahun di dunia entertainment, sehingga seluruh harta kekayaannya itu berasal dari dunia hiburan.

Raffi Ahmad sendiri tidak cuma dikenal sebagai presenter kondang dengan tarif selangit. Sosoknya juga memiliki sejumlah gurita bisnis yang menambah pundi-pundinya.

Lantas, seperti apakah gurita bisnis Raffi Ahmad yang lagi-lagi dituduh pencucian uang?

1. RANS Entertainment

RANS Entertainment adalah sebuah media hiburan yang memfokuskan diri pada platform media sosial, agensi digital, aktivitas komunitas dan event offline. Perusahaan milik Raffi ini jiga kerap bekerjasama dengan sejumlah brand.

RANS Entertainment sendiri berdiri pada tahun 2015. Kala itu, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengambil langkah besar dengan mengembangkan gurita RANS Entertainment. Sebut saja RANS Music, PowerRANSgers, RA Pictures, RANS Animation Studio, RANS Zoo, dan RANS E-Sports.

2. Kuliner

Raffi Ahmad juga mengembangkan bisnis kuliner. Bapak Rafathar dan Cipung ini bahkan telah mengumumkan 4 unit usaha baru di bidang food and beverage (F&B).

Salah satu bisnis kuliner yang mereka rangkul adalah Haraguchi Kei, sebuah restoran karage otentik asli Jepang yang menjadi gerai pertamanya berada di Gandaria City Jakarta.

Kemudian ada juga bisnis Ikkudo Ichi yang menjual ramen dan Warung Leko. Lalu The Hive Kitchen yang dikenal dengan produk Kebab Queen, dan Gunawarman Group.

Tak hanya restoran, Raffi Ahmad juga menginvestasikan dananya ke warung makan kaki lima seperti Rojo Sambel. Raffi sendiri mengaku sangat ingin mengembangkan UMKM di Tanah Air.

3. Properti

Sultan Andara ini juga turut mengekspansi bisnis ke sektor properti. Bahkan Raffi lewat perusahaannya akan membangun sebuah apartemen yang berlokasi di dekat rumahnya di kawasan Andara, Jakarta Selatan.

Menurut Raffi, sudah saatnya para generasi milenial dan Gen Z mempunyai hunian impian yang tidak hanya menjadi tempat tinggal, tetapi juga gaya hidup mereka.

Bisnis properti Raffi Ahmad ini menggandeng pengembang apartemen mewah yang ada di kawasan Kemang, Asiana Group.

4. Fashion

Melengkapi bisnis Raffi, sang istri, Nagita turut membangun bisnis fashion terbaru yang diberi nama NASL By Nagita Slavina di Shopee.

NASL sendiri merupakan sebuah brand fashion lokal yang diluncurkan pada bulan Desember 2022 oleh Nagita Slavina. Selain bisnis, NASL juga memiliki tujuan merepresentasikan seluruh perempuan hebat di Tanah Air dari berbagai kalangan.

5. Olahraga

Dari RANS E-Sport, Raffi Ahmad kemudian mengakuisisi tim e-sport pada sejumlah platform game seperti Mobile Legends, Free Fire dan Call of Duty.

Adapun tim divisi Free Fire baru diakuisisi pada bulan Juli 2021 lalu oleh Raffi dari tim Free Fire NGID Esports. Tim ini terdiri dari enam orang yaitu Doom, Rhama, Iky, Marsha, Mervin dan Qois.

Tak hanya E-Sport, bisnis Raffi juga merambah ke olahraga darat yaitu sepak bola. Ia mengakusisi RANS Cilegon FC, klub sepak boleh Tanah Air yang berasal dari Cilegon, Banten. Klub tersebut berdiri pada 31 Maret 2021.

Tak cuma klub sepak bola, Raffi Ahmad juga merambah ke klub bola basket. Ia mendirikan RANS PIK Basketball pada tahun 2021 bersama dengan rekannya, Rudy Salim dan Dito Ariotedjo yang kini menjabat sebagai Menpora.

6. Kecantikan

Lini bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga merambah ke sektor kecantikan. Pasangan ini meluncurkan RANS Beauty pada bulan Oktober 2021, di mana peluncuran ini diumumkan lewat kanal YouTube RANS Entertainment.

Salah satu produk yang diluncurkan lewat RANS Beauty adalah body lotion dan body shower. Keduanya dijual dengan tiga varian yang sudah lolos uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM).

7. Vape

Raffi Ahmad juga membentangkan sayap ke dunia bisnis yang berbeda, yaitu vape. Ia menggandeng Budiyanto sebagai Founder dari Jakarta Vapor Shop (JVS).

Raffi pun meramaikan pasar industri vape Tanah Air dengan membangun PT. idPods Kreasi Indonesia. Perusahaan vape miliknya ini berkomitmen mendukung produk karya anak bangsa agar semakin berkembang, serta bisa semakin memajukan perekonomian Indonesia.

8. Beach Club

Raffi Ahmad dan Nagita juga diketahui membangun bisnis beach club di Pulau Dewata. Pasangan ini membuat beach club yang diberi nama Mari Beach Club Bali yang resmi dibuka pada Maret 2022.

Tak hanya itu, Raffi juga tengah membangun beach club di Gunung Kidul, Yogyakarta.

(Sumber)