Sosok Ardy B Wiranata, Peraih Medali Perak Olimpiade Barcelona 1992 yang Lepas Status WNI dan Pindah ke Kanada

KISAH Ardy B Wiranata, pebulu tangkis peraih medali Olimpiade Barcelona 1992 menarik diulas. Sebab, dia memutuskan melepas status warga negara Indonesia (WNI) untuk pindah ke Kanada.

Ardy B Wiranata merupakan salah satu pebulu tangkis tersohor di Indonesia. Dia merupakan spesialis nomor tunggal

Ardy B Wiranata

Segudang prestasi telah berhasil diukir Ardy B Wiranata selama aktif bermain. Salah satu yang mentereng tentu saja meraih medali di Olimpiade Barcelona 1992.

Kala itu, pemain bernama lengkap Ardy Bernardus Wiranata ini berhasil melaju mulus hingga ke babak final. Tiket final sendiri digenggam Ardy usai mengalahkan rekan senegaranya, Hermawan Susanto, di semifinal, dengan skor 10-15, 15-9, dan 15-9.

Sayangnya, di final, Ardy B Wiranata gagal meraih medali emas. Dia harus mengakui ketangguhan rekan senegaranya, Alan Budikusuma, yang menang dua gim langsung dengan skor 15-2 dan 18-13.

Alhasil, Ardy memastikan diri meraih medali perak. Alan sendiri memastikan diri meraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992.

Beberapa tahun berselang, Ardy B Wiranata mengambil keputusan besar dalam kehidupannya. Dia memutuskan pindah kewarganegaraan.

Ardy melepas statusnya sebagai WNI untuk menjadi warga negara Kanada. Tak sendirian, Ardy tinggal di sana bersama istrinya, Elisabeth Tamzil, dan putra satu-satunya, Shawn Wiranata.

Kini, Ardy B Wiranata pun masih aktif di dunia bulu tangkis di Kanada. Lewat tangan dinginnya, dia berusaha melahirkan pebulu tangkis top dunia.

(Sumber)