News  

Akhir Ramadhan, Seorang Jamaah Jatuhkan Diri Dari Lantai Atas Masjidil Haram Mekkah

Mencuat kabar seseorang telah menjatuhkan diri dari lantai atas Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, menjelang hari terakhir Ramadan 1445 H. Aparat keamanan langsung menangani kasus tersebut.

“Pasukan Khusus Keamanan Masjidil Haram menyelidiki kasus seseorang yang menjatuhkan diri dari lantai atas masjid,” demikian bunyi pengumuman otoritas keamanan dalam unggahannya, Selasa (9/4) pagi WIB.

Tidak ada rincian lebih lanjut tentang bagaimana kasus ini terjadi, juga dari lantai berapa orang tersebut menjatuhkan diri. Identitas orang tersebut juga tak disebutkan.

Yang jelas, saat ini orang tersebut telah dievakuasi untuk mendapatkan perawatan. “Dia dipindahkan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan,” kata pihak keamanan.

Pernah Terjadi Tahun 2018
Mengutip media Haramain Info, seseorang itu menjatuhkan diri sebagai upaya bunuh diri.
Upaya bunuh diri dengan menjatuhkan diri dari lantai atas juga pernah terjadi pada tahun 2018, membuat kaget dan takut pada jemaah. Saat itu seorang peziarah menjatuhkan diri dari lantai Mas’a (lantai tempat sai) ke lantai pelataran.Pria 26 tahun itu pun tewas.

6 Lantai di Masjidil Haram
Masjidil Haram, masjid terbesar di dunia yang pada 10 hari terakhir bulan Ramadan dipenuhi 2,5 juta jemaah, saat ini setidaknya memiliki 6 lantai, yaitu:

Lantai dasar (lantai Mataf), lantai tempat Ka’bah berada: untuk jemaah berbaju ihram. Juga ada tempat ibadah di dalam masjid yang luas. Di bagian luar, terdapat pelataran masjid yang sangat luas.

Lantai satu: diperuntukkan bagi jemaah berbaju ihram
Lantai dua: terbuka untuk semua jemaah
Lantai tiga: untuk jemaah yang memakai skuter
Lantai empat: lantai atap (rooftop), terbuka untuk semua jemaah.
Lantai lima: lantai atap (rooftop) kedua: untuk jemaah yang memakai mobil golf.

 

(Sumber)