Kiper Inter Milan Emil Audero Ketemu Erick Thohir, Sinyal Kuat Bela Timnas Indonesia?

Sosok kiper tim Inter MilanEmil Audero baru saja menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Sontak, timbul dugaan bahwa Emil tak lama lagi akan digandeng masuk ke Timnas Indonesia untuk memperkuat lini pertahanan skuad Garuda.

Emil juga diduga akan menempuh proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia atau WNI usai pertemuannya dengan Erick Thohir.

Tak heran jika Erick mulai melirik Emil. Sebab selain sebagai seorang penjaga gawang yang handal, Emil Audero ternyata merupakan seorang keturunan Indonesia.

Bertemu Emil Audero, pemain berdarah Indonesia yang lahir di Mataram, dan saat ini membela Inter Milan,” tulis Erick Thohir via akun Instagram, Sabtu (13/4/2024).

Lantas, seberapa hebat sosok penjaga gawang Italia yang tak lama lagi akan membela tanah kelahirannya?

Profil Emil Audero: Lahir di NTB, melalang buana di Italia

Meski berlaga di Italia, Emil Audero memang benar seorang keturunan Indonesia. Hal itu tercermin dari nama lengkapnya, Emil Audero Mulyadi.

Emil merupakan anak dari sosok Edy Mulyadi, seorang pria Indonesia yang menikah dengan wanita Italia bernama Antonella Audero.

Emil lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada 18 Januari 1997. Usai usianya menginjak satu tahun, ia dan keluarganya pindah ke Italia ke kampung halaman sang ibunda, yakni Cumiana.

Bakat Emil sebagai seorang penjaga gawang tampak dari dirinya masih muda. Adapun pada tahun 2008 saat ia berusia 11 tahun, bakatnya sebagai seorang penjaga gawang dilirik oleh pelatih Michelangelo Rampulla Juventus yang juga merupakan seorang penjaga gawang.

Akhirnya, Emil digandeng masuk ke Juventus Allievi (U-17) oleh sosok pelatih itu. Emil Audero akhirnya berkesempatan untuk membawa timnya hingga babak final Campionato Nazionale Primavera.

Saat masih berkarier sebagai pemain muda, Emil Audero sudah berhasil menyabet penghargaan The Young Italy Talents of The Future 2012.

Sosok kiper dengan tinggi bagan 192 cm tersebut setia membela Juventus di karier seniornya. Ia akhirnya berkesempatan untuk memperkuat lini pertahanan Juventus setelah Rubinho angkat kaki dari tim tersebut.

Bersama Gianluigi Buffon dan Norberto Murara Neto, Emil Audero berhasil membawa timnya menang di berbagai ajang pertandingan dengan kemampuan mereka menepis serangan lawan.

Setelah lama bersama Juve, Emil Audero akhirnya melalang buana di berbagai tim Italia. Ia sempat dikontrak oleh berbagai tim seperti Venezia dan Sampdoria.

Lalu mendekati penghujung 2023, Emil turut membela Inter Milan sebagai kiper dan berhasil debut bersama Inter Milan di Babak grup Liga Champions UEFA 2023–2024.

Tak direstui ayah bela Indonesia

Sayangnya, sosok ayah Emil Audero, Edy Mulyadi sempat pesimis dan tak merestui anaknya membela Timnas Indonesia.

Dalam sebuah wawancara di tahun 2011 lalu, Edy ingin anaknya membela Italia. Sebab kala itu, Indonesia tak menunjukkan prestasi yang cukup dan tak lolos Piala Asia.

“Mimpi kali, kalau Emil ingin bermain di Piala Dunia ya harus ambil di sana (Italia). Indonesia lolos Asia saja enggak, apalagi Piala Dunia,” ujar Edy pada 2011 silam.

Namun kini, Timnas Indonesia menunjukkan prestasi yang membanggakan. Terutama ketika Skuad Garuda berhasil lolos ke Piala Asia serta memiliki peluang untuk menembus Piala Dunia 2026.

Keberhasilan tersebut yang diduga membuat Edy berubah pikiran dan Emil kini perlahan membuka diri untuk mempertimbangkan membela tanah kelahiran sang ayah.

(Sumber)