Tekno  

Susul Apple, Satya Nadella Bakal Kucurkan Investasi Microsoft Rp. 14 Triliun di Indonesia

Perusahaan teknologi Microsoft diklaim bakal menanamkan investasi ke Indonesia. Kabar ini menyusul Apple yang sebelumnya berencana investasi Rp 1,6 Triliun.

Hal ini diumumkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi. Ia mengatakan kalau CEO Microsoft Satya Nadella yang akan hadir ke Indonesia pada 30 April 2024 besok bakal ikut investasi.

Hanya saja Budi Arie masih belum mau membocorkan informasi soal nilai investasi Microsoft di Indonesia.

“Ada, itu gede. Nanti jangan saya yang ngomong,” kata Budi Arie saat ditemui di Kantor Kominfo, Jumat (19/4/2024).

Ia menyebut sudah berbicara dengan pihak Microsoft terkait rencana investasi di Indonesia. Sayang dia masih ogah membahasnya.

“Mereka sudah ngomong ke saya. Tapi saya bilang jangan saya yang ngomong. Kan saya Menkominfo RI, bukan humas Microsoft,” lanjut Budi Arie.

Kabar mengatakan kalau investasi Microsoft di Indonesia bisa tembus Rp 14 triliun. Namun Budi menegaskan kalau nilainya justru lebih besar.

“Lebih, gede (dari Rp 14 triliun). Tapi jangan saya yang ngomong, dia saja yang ngomong,” beber dia.

Budi Arie hanya membocorkan kalau investasi Microsoft di Indonesia akan berfokus pada sumber daya manusia.

“Macam-macam (tujuan investasinya), nanti mereka yang menjelaskan. Salah satunya bagaimana soal SDM,” pungkasnya.

Apple investasi Rp 1,6 T di Indonesia
Sebelumnya CEO Apple Tim Cook tiba di Indonesia untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan mereka ini akan membicarakan investasi Apple di Tanah Air.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kalau kedatangan Tim Cook di Indonesia untuk menanamkan investasi berupa Apple Developer Academy, fasilitas pelatihan milik Apple.

Hal ini dilakukan Apple untuk memenuhi nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), yang mana itu menjadi syarat untuk menjual produk seperti iPhone, iPad, hingga Macbook Apple di Indonesia.

“Apple itu salah satu pendekatan yang sangat unik yang kita ambil untuk menghitung TKDN. Itu berdasarkan investasi, dan investasi mereka itu adalah membangun infrastruktur pendidikan bagi calon-calon developer, namanya Apple Developer Academy,” kata Agus Gumiwang di Istana Negara, Rabu (17/4/2024).

“Nah ini sudah dalam perjanjian kita, yang sudah kita tandatangani. Apple memiliki kewajiban untuk membangun empat tahun ini,” lanjut dia.

Dijelaskan Agus, Apple Developer Academy keempat ini akan dibangun di Bali. Rencananya, salah satu lokasi yang dipakai adalah Balai Kemenperin yang berada di Pulau Dewata itu.

“Nah itu nilai total investasinya sekitar Rp 1,6 triliun dari empat kota nanti, tiga plus satu di Bali,” lanjut dia.

Nilai investasi Apple di Indonesia memang jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan Vietnam, yang mana Tim Cook sudah datang lebih dulu ke negara tersebut. Di sana, Apple berani mengucurkan nilai investasi sebesar 15,84 miliar Dollar AS atau setara Rp 257 triliun.

Angka ini sebenarnya turun jika dibandingkan dengan nilai investasi Apple ke Vietnam pada 2019. Dikutip dari laporan Verdict, pada 2019, Vietnam mendapat kucuran nilai investasi dari Apple sebesar 16 miliar dollar As.

(Sumber)