Reliji  

Gus Baha Ungkap Ada Perbuatan Baik Yang Dibenci Allah, Ini Penjelasannya

Siapa bilang Allah menyukai segala amal shaleh yang akan diganjar pahala? Menurut Gus Baha, jelas ada perbuatan baik yang tidak disukai Allah SWT , malah dibenci bahkan dilaknat-Nya.

Perbuatan baik apa yang dilakukan Gus Baha yang dilaknat Allah?

Dalam channel YouTube Dakwah Digital, ini penjelasan Gus Baha tentang amal shaleh yang sebenarnya dilaknat Allah Ta’ala.

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau dikenal dengan Gus Baha menjelaskan, setiap amal dan kebaikan selalu dibalas oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, kita umat Islam harus saling berlomba-lomba dalam beramal shaleh. Namun ternyata ada perbuatan baik yang bisa menimbulkan kebencian dari yang kuasa.

Perbuatan Amal baik tersebut kata Gus Baha adalah sedekah.

Kegiatan sedekah dalam Islam menurut Gus Baha, bukan hanya tentang menyisihkan sebagian rezeki kepada fakir miskin.

Namun sedekah juga meliputi segala perbuatan baik lainnya seperti dzikir, tasbih, tahmid, dan tahlil.

Sedekah namun mengharapkan imbalan yang lebih besar sangat dibenci oleh Allah kata Gus Baha.

“Itu bisa diartikan sebagai riba dan Allah sangat membenci hal tersebut,” terang Gus Baha.

Selain itu lanjut Gus Baha, dalam islam kita mengenal sedekah sirri dan sedekah terang-terangan. Sedekah terang-terangan bisa kita lakukan agar menjadi contoh untuk orang lain.

“Namun yang harus diingat, jangan sampai kita melakukan hal tersebut dengan niat ingin mendapat pujian dari banyak orang akibat perbuatan baik yang kita lakukan,” tegas Gus Baha.

Menurut Gus Baha, ketika kita ingin melakukan suatu perbuatan amal baik, kita harus ikhlas karena Allah dan denan tujuan mendapat ridho dari Nya.

“Jika ingin mendapat pujian maka itu sama saja dengan perbuatan riya, dalam islam riya sendiri merupakan perbuatan tercela yang dibenci Allah,”

“Salah satu cara untuk menghindari perbuatan riya ketika ingin melakukan perbuatan baik seperti sedekah atau yang lainnya adalah dengan menanamkan niat karena Allah bukan untuk mendapat pujian dari orang lain,” kata Gus Baha.

Lanjut Gus Baha, rahasia sedekah dalam islam itu sebenarnya tentang bagaimana kita memahami kapan harus melakukan sedekah secara terang-terangan, dan kapan harus sedekah sirri.

“Selain itu, amal perbuatan baik yang harus disembunyikan juga banyak dalam islam,” ungkap Gus Baha.

Misalnya Sholat Tahajud yang dilakukan di sepertiga malam kata Gus Baha.

“Karena pada dasarnya amal baik seperti Shalat Tahajud dilakukan sendiri-sendiri tiap malamnya,” jelasnya.

Amal baik seperti sedekah ketika diperlihatkan dengan niat untuk mensyiarkan kebaikan itu tidak masalah dalam islam lanjut Gus Baha.

“Tetapi ada juga jatahnya amal baik yang disembunyikan,” terang Gus Baha.