Perasaan Shin Tae-yong Campur Aduk Usai Singkirkan Negara Sendiri: Senang tapi Berat

Timnas U-23 Indonesia menumbangkan Korea Selatan (Korsel) U-23 dalam laga perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/3) dini hari WIB. Shin Tae-yong mengaku perasaannya campur aduk.

Rafael Struick mencetak brace dalam laga ini, masing-masing gol dicetak di menit 15 dan 45+3. Skor 2-2 berlanjut hingga perpanjangan waktu dan pada akhirnya Indonesia menang 11-10 via adu penalti.

Shin jelas merasa senang karena Timnas U-23 Indonesia yang diasuhnya sukses ke semifinal Piala Asia. Namun di sisi lain, ia juga merasa berat karena lawan yang dikalahkannya adalah negara asalnya sendiri, Korsel.

“Sejak memimpin Indonesia, saya telah melakukan yang terbaik untuk Indonesia. Terima kasih kepada semua pemain dan Ketum PSSI. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada fan Indonesia yang begadang semalaman dan mendukung kami,” tambahnya.

Sejumlah pemain tampil apik dalam laga kontra Korsel ini. Shin Tae-yong tak mau hanya mengapresiasi satu pemain, seperti Ernando Ari atau Struick. Ia menyanjung semuanya dan optimistis Indonesia bisa ke final Piala Asia U-23.

“Karena saya mengenal para pemain ini dengan baik, saya pikir saya bisa mencapai hasil jika saya memotivasi mereka,” jelasnya.

“Saya mengatakan kepada para pemain, ‘Percaya dan ikuti [instruksi] saya karena kita bisa mencapai final’. Saya terus menanamkan rasa percaya diri pada para pemain. Berkat itu, kami bisa melaju ke semifinal,” tambah Shin.

Kemenangan dari Korsel membawa Timnas U-23 lolos ke semifinal Piala Asia dan tinggal selangkah lagi meraih tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Timnas U-23 bisa melaju ke Olimpiade Paris 2024, jika berhasil tembus ke babak final atau menyandang predikat sebagai peringkat ketiga Piala Asia U-23.

Jika kalah dalam perebutan tempat ketiga, ‘Garuda Muda’ masih miliki kans tembus ke Olimpiade dengan cara melakoni laga playoff melawan wakil Afrika, Guinea, yang menempati posisi keempat Piala Afrika U-23 2023.

Namun untuk sekarang, Timnas U-23 Indonesia akan menunggu pemenang antara Arab Saudi dan Uzbekistan untuk menyambut babak semifinal Piala Asia U-23. Laga semifinal Timnas U-23 kembali digelar di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Minggu (29/4) pukul 21:00 WIB.

(Sumber)