Sosok Kartini Hebat Partai Golkar: Alien Mus

Sosok Alien Mus jadi salah satu dari 20 orang srikandi Partai Golkar DPR RI periode 2019-2024. Alien Mus adalah figur perempuan tangguh yang senantiasa memiliki keinginan untuk selalu belajar mengenai hal baru. Perempuan kelahiran Maluku Utara (Malut), 8 Agustus 1987 ini banyak mendapatkan pembelajaran mengenai dunia politik dari saudara-saudaranya.

Alien Mus memang berada di keluarga politisi. Kakak pertamanya, Ahmad Hidayat Mus merupakan Bupati Kepulauan Sula periode 2005-2010 dan 2010-2015. Sementara saudaranya yang lain, Aliong Mus merupakan Bupati Pulau Taliabu periode 2016-2021 dan 2021-sekarang. Dan Fifian Adeningsih Mus yang menjadi Bupati Kepulauan Sula periode 2021-sekarang.

Keluarga Mus memang sudah terkenal di Maluku Utara. Selain menjadi penguasa di sejumlah kabupaten, keluarga ini juga turut aktif dalam pemilihan Gubernur. Sebut saja Ahmad Hidayat Mus, yang dua kali mencalonkan diri sebagai Gubernur periode 2015-2019 dan 2019-2024.

Muhammad Taher Mus, ayahanda dari Alien Mus, patut berbangga diri memiliki anak-anak yang berkiprah di dunia politik dan bisa memberi manfaat bagi pembangunan Maluku Utara. Meski berada di keluarga politisi, keinginan untuk terus belajar dan kemampuan beradaptasi membuat Alien Mus berbeda dengan politisi lainnya.

Apalagi ia masih cukup muda untuk ukuran politisi. Usianya baru menginjak 36 tahun kini. Dengan usia yang relatif masih cukup muda, pencapaian karir politik seorang Alien Mus sangat pesat. Jika ia cepat berpuas diri, tentu karir politiknya tidak akan kemana-mana. Alien Mus berusaha terus memacu diri dengan laju cepat dunia global, keberhasilannya sebagai politisi jadi buah manis atas upaya kerasnya terhadap diri sendiri.

Di Pemilu 2024, Alien Mus masuk dalam jajaran politisi under 40 Partai Golkar bersama dengan Jerry Sambuaga, Dito Ariotedjo, Puteri Komarudin, Dyah Roro Esti, Roby Kurniawan, Dico Ganinduto, Aditya Halindra dan lainnya. Politisi under 40 menjadi tulang punggung branding dan elektoral Partai Golkar guna menggaet suara generasi milenial dan gen Z.

Rumusan politisi under 40 ini berhasil mengangkat citra Partai Golkar sebagai partai yang ramah terhadap generasi muda. Dengan sosok yang berdiri di depan layar, para politisi muda Partai Golkar menjadi pemandangan sejuk keberhasilan regenerasi politik di partai berlambang pohon beringin ini.

Berkarir di dunia politik bagi seorang perempuan seperti Alien Mus tidak pernah berjalan secara mudah. Stigma masyarakat dan persepsi nilai-nilai tradisional yang menganggap perempuan sebagai masyarakat kelas 2 masih sering diterima. Terlebih dalam kontestasi politik, perempuan seringkali dipandang sebelah mata.

Namun, terdorong oleh sosok dan pemikiran Kartini, Alien Mus senantiasa berusaha berdiri tegak di panggung politik nasional. Baginya, semangat Kartini dalam memperjuangkan emansipasi kaum perempuan adalah spirit yang memberikannya energi serta keyakinan untuk terus berjuang melalui jalur politik.

Alien Mus juga mengingatkan kepada kaum perempuan, jika ingin berkiprah di bidang politik, termasuk bidang lainnya harus terus berupaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta tidak melupakan kodrat sebagai perempuan menjadi Ibu Rumah Tangga (IRT). Sehingga keberadaan perempuan tak hanya menjadi beban lingkungan sosial, tetapi justru menjadi pemberi warna yang berbeda.

Ia juga turut mendorong agar kaum perempuan diberi ruang lebih besar untuk berinovasi dan kreatif dalam berbagai bidang mulai dari ekonomi, sosial, budaya hingga politik agar perempuan dan laki-kali bisa setara. Dalam dunia politik, kesetaraan itu dilindungi oleh UU melalui 30 persen kuota perempuan saat pencalegan di Pemilu.

Dalam tugasnya sebagai anggota DPR RI, Alien Mus dikenal sebagai sosok yang cerdas, pekerja keras, tenang, ramah dan jenius dalam taktik serta strategi pemenangan politik dalam Pemilu terutama saat Pemilihan Legislatif dan Pilkada.

Tak heran karir politiknya begitu mulus dijalaninya. Meski tak secara implisit memiliki latar belakang pendidikan dalam dunia politik, dengan kesungguhan, tekad serta hati yang jernih, karir sebagai politisi lantas dapat dijalani dengan baik oleh Alien Mus. Alien Mus memiliki latar belakang pendidikan sarjana S1 di Universitas Al-Azhar. Pada tahun 2008, ia berhasil memenuhi cita-citanya mendapatkan gelar sarjana Ilmu Komunikasi.

Alien Mus kemudian meniti karir profesionalnya sebagai public relation di Garuda Indonesia dan kemudian pindah ke Hotel Nikko Jakarta dengan jabatan yang sama, karena latar belakang pendidikannya sebagai alumni Fakultas Komunikasi Universitas Al-Azhar menunjangnya untuk melakukan pekerjaan itu.

Di tahun 2014, Alien Mus mulai berputar kemudi kehidupannya. Ia melihat, dunia politik adalah tujuan yang harus direngkuhnya. Melihat lingkungan keluarga dan sosialnya, dengan keputusan terbaik, Alien Mus memilih bergabung dengan Partai Golkar. Istri dari Denis Teste, warga negara Prancis itu kemudian terpilih memimpin KPPG (Kesatuan Perempuan Partai Golkar) Maluku Utara, sebuah organisasi sayap keperempuanan Partai Golkar.

Ia menjalani tugas sebagai Ketua KPPG Maluku Utara dari tahun 2014-2016. Di tahun 2014 pula ia mencalonkan diri sebagai calon legislatif untuk DPRD Malut melalui Partai Golkar pada Pemilu Legislatif. Alien Mus berhasil terpilih dan kemudian dilantik menjadi Ketua DPRD Maluku Utara untuk periode 2014-2019.

Langkahnya kian berani ketika mengambil alih kemudi kepartaian dengan terpilih sebagai Ketua DPD Partai Golkar Maluku Utara di periode 2016 sampai 2020. Tak hanya satu periode ia memimpin Maluku Utara, pada periode selanjutnya atau di periode 2020-2025 Alien Mus kembali terpilih untuk memimpin DPD I Partai Golkar Maluku Utara.

Alien Mus saat memimpin DPD I Partai Golkar Maluku Utara terkenal sebagai sosok yang egaliter, bersahabat dan penuh perhitungan strategi dalam mencapai target politik. Ia adalah figur inspiratif dalam dunia politik. Kepemimpinannya yang efektif berhasil membawa Partai Golkar juara di Maluku Utara.

Perempuan yang menguasai bahasa Mandarin dan Inggris ini lantas semakin melangkah maju. Di Pemilu 2019, Alien Mus berbekal prestasi ketika memimpin DPRD Maluku Utara dan DPD I Partai Golkar Maluku Utara memutuskan mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI dari Partai Golkar. Dan hasilnya positif, Alien Mus terpilih setelah memperoleh 45.056 suara.

Oleh Fraksi Partai Golkar DPR RI, Alien Mus ditempatkan di Komisi IV DPR RI yang mengurusi bidang pertanian, lingkungan hidup, kehutanan dan kelautan. Dalam tugas legislasi yang diembannya selama duduk di kursi empuk DPR RI, Alien Mus terbilang sangat aktif untuk merumuskan peraturan perundangan maupun penyampaian aspirasi.

Kinerja cemerlang Alien Mus dirasakan betul oleh konstituennya di Maluku Utara. Hingga pada Pemilu 2024, Alien Mus berhasil kembali melenggang ke Gedung DPR, Senayan dengan meraih 70.595 suara pemilih. Periode 2024-2029 bakal menjadi periode keduanya berpentas di Gedung Parlemen. Selamat untuk Alien Mus, selamat berkiprah, selamat memberikan sumbangsih bagi nusa bangsa! {golkarpedia}