Wisata  

Ini 5 Gunung Terendah di Indonesia Yang Ramah Untuk Pendaki Pemula

Gunung masih menjadi destinasi favorit traveler untuk healing atau liburan. Selain menawarkan panorama alam yang indah, gunung merupakan tempat terbaik untuk kamu yang ingin kembali ke alam sejenak.

Meski demikian, mendaki gunung tentu memerlukan persiapan yang matang. Enggak hanya fisik dan mental, kamu juga harus mempersiapkan peralatan yang memadai.

Karakteristik gunung yang berbeda-beda juga membuat kamu harus cermat memilih gunung untuk didaki. Sebagai contoh, buat kamu yang pemula kamu bisa mendaki gunung yang tidak terlalu tinggi terlebih dahulu serta memiliki medan yang mudah. Hitung-hitung latihan dahulu ya, kan!

Menariknya, Indonesia juga memiliki deretan gunung yang ramah untuk pemula, lho. Dilansir laman Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) @kemenparekraf.ri, berikut deretan gunung yang ramah buat pemula.

1. Gunung Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran Foto: Naufal Abdurrasyid/kumparan
Gunung Api Purba Nglanggeran 

Ketinggiannya yang hanya 700 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat Gunung Nglanggeran di Gunung Kidul, Yogyakarta ramah buat pemula. Meski memiliki ketinggian yang rendah, gunung ini menyimpan panorama yang indah.

Di siang hari kamu akan disuguhkan dengan batuan purba unik di sekeliling gunung, sedangkan saat malam kamu bisa melihat kerlap-kerlip lampu Yogyakarta yang romantis dari jauh.

Enggak hanya itu, menariknya gunung ini adalah gunung purba yang diperkirakan terbentuk sekitar 60 juta tahun lalu.

 

2. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu di Jonggol, Jawa Barat. Foto: krisbiantoandy/Shutterstock
Gunung Batu di Jonggol, Jawa Barat

Kecil-kecil cabe rawit, Gunung Batu Jonggol punya trek mendaki yang lumayan curam, sempit dan licin. Ini karena jalurnya terbentuk dari batu cadas.

Meski medannya yang lumayan menantang, kamu hanya butuh 1 jam untuk sampai ke puncak dan melihat keindahan alam yang memesona. Sebab, gunung ini hanya memiliki ketinggian 875 mdpl.

 

3. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan di Mojokerto, Jawa Timur. Foto: Dian Zuraida/Shutterstock
Gunung Penanggungan di Mojokerto, Jawa Timur.

Pengin mendaki Gunung Semeru, tapi belum berani? Kamu mungkin bisa nyobain miniaturnya dulu yaitu Gunung Penanggungan.

Gunung dengan ketinggian 1.653 mdpl ini sangat cocok buat pendaki pemula. Di sini kamu bisa melihat pemandangan alam yang indah dan melewati jalur bersejarah dengan candi-candi purba.

4. Gunung Batur

Sejumlah WNA berada di puncak Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Sabtu (10/6). Foto: Denita BR Matondang/kumparan
Sejumlah WNA berada di puncak Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali

Bergeser ke Bali tepatnya di daerah Kintamani, ada juga gunung yang ramah untuk pemula. Ya, dengan ketinggiannya yang hanya 1717 mdpl membuat Gunung Batur bisa jadi opsi menarik untukmu.

Kamu hanya perlu tiga jam untuk sampai di puncak gunung purba ini. Selain pemandangan puncaknya yang indah, Gunung Batur juga memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik lainnya seperti kawah, Danau Batur, dan panorama Panelokan.

5. Gunung Andong

Gunung Andong di Magelang, Jawa Tengah. Foto: Asyictive/Shutterstock
Gunung Andong di Magelang, Jawa Tengah.

Gunung tempat berburu golden sunrise ini memiliki empat puncak yang membentang dari Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong, dan Puncak Alap-alap. Dengan jalur yang cenderung landai, kamu hanya butuh dua hingga tiga jam saja untuk sampai ke puncak.

Tak berbeda jauh dengan Gunung Batur, Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl. Gunung ini terletak di Magelang, Jawa Tengah.