Sepanjang Sejarah Sepakbola, Ini 10 Pencetak Gol Terbanyak di Dunia

Deretan pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola ini berhasil menghasilkan ratusan gol sepanjang kariernya. Bahkan, ada beberapa pemain yang diklaim sudah mencetak lebih dari 1.000 gol.

Mencetak gol merupakan tujuan utama pada pertandingan sepak bola. Gol dapat dicetak dengan bagian tubuh apa saja kecuali tangan.

Tugas mencetak gol ini umumnya dilakukan oleh pemain depan atau penyerang. Meski pada praktiknya, semua pemain dari posisi apa pun, termasuk kiper bisa mencetak gol.

Penyerang atau striker biasanya berlomba-lomba untuk menghasilkan banyak gol dan mencetak rekor pribadi.

Baik itu menambah catatan hattrick, mengincar posisi top skorer, atau bahkan mengejar rekor terbanyak di dunia.

Sepanjang sejarah sepak bola, sudah banyak pemain yang berhasil mencetak lebih dari 100 gol. Namun, jumlah itu masih jauh dari para pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola.

Deretan Pemain yang Mencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa

Dua legenda sepak bola yang masih aktif bermain, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sedang berlomba-lomba untuk menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah. Untuk saat ini, Ronaldo masih unggul 55 gol dari Messi.

Mereka berdua sudah berhasil mengalahkan legenda-legenda lainnya dalam meraih catatan gol terbanyak sepanjang sejarah.

Siapa saja mereka? Berikut daftar 10 pencetak gol terbanyak yang dikutip dari talkSPORT:

1. Cristiano Ronaldo – 885 Gol

Cristiano Ronaldo.
Cristiano Ronaldo. (Sumber Foto: Getty Images)

Cristiano Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola. Sejauh ini ia sudah mencetak sebanyak 885 gol, setelah mencetak hattrick di pertandingan antara Al Nassr melawan Abha pada 3 April 2024.

Namun, jumlah gol ini masih bisa terus bertambah. Ronaldo sendiri masih memiliki kontrak dengan Al Nassr hingga 2025. Dirinya juga masih aktif membela Timnas Portugal.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, CR7 mencetak gol paling banyak ketika membela Real Madrid. Ia berhasil mencatatkan total 450 gol selama 9 tahun kariernya di Los Blancos.

2. Lionel Messi – 830 Gol

Lionel Messi.
Lionel Messi. (Sumber Foto: Getty Images)

Lionel Messi menemani Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang masih aktif dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah sepak bola ini.

Pemain yang memiliki julukan La Pulga ini sudah mencetak 830 gol sampai saat ini. Pundi-pundi golnya ini masih bisa bertambah karena ia masih bermain dan saat ini sedang membela Inter Miami.

Messi juga berhasil mencatatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak di Barcelona dan La Liga.

Ia menghabiskan sebagian besar kariernya di Barcelona dan berhasil mencetak 672 gol. Selain itu,juara Piala Dunia 2022 ini juga berhasil mencatatkan 303 assist untuk Blaugrana.

3. Josef Bican – 805 Gol

Josef Bican.
Josef Bican. (Sumber Foto: tbsnews.net)

Josef Bican merupakan pemain sepak bola legendaris asal Austria dan Republik Ceko. Ia aktif bermain pada era 1930-an hingga 1950-an.

Sepanjang kariernya, ia telah berhasil mencetak 805 gol dengan rata-rata sekitar 1,52 gol per pertandingan di level klub.

Selain itu, ada beberapa sumber yang menyebutkan bahwa sebenarnya sudah mencetak lebih dari 1.500 gol.

Rekor ini bahkan membuatnya memiliki julukan sebagai The Master of Marksmen oleh FIFA.

4. Romario – 772 Gol

Romario.
Romario. (Sumber Foto: Getty Images)

Romario merupakan pemain asal Brasil yang berhasil membawa negaranya meraih juara Piala Dunia 1994.

Pemain yang aktif bermain pada tahun 1975 sampai 2007 ini berhasil mencetak 772 gol dalam 994 pertandingan.

Sepanjang kariernya, ia tercatat pernah bermain untuk tim-tim besar Eropa, seperti PSV Eindhoven, Sevilla, dan Barcelona.

5. Pele – 757 Gol

Pele.
Pele. (Sumber Foto: Getty Images)

Pele adalah salah satu legenda sepak bola yang paling terkenal. Pemain asal Brasil ini aktif bermain pada tahun 1957 sampai 1977.

Striker yang memiliki nama lengkap Édson Arantes do Nascimento ini berhasil mencetak 757 gol dalam 831 pertandingan.

Sama seperti Josef Bican, jumlah gol Pele disebut lebih banyak dari yang tercatat. Pele diperkirakan sebenarnya sudah mencetak lebih dari 1.000 gol sepanjang kariernya.

6. Ferenc Puskas – 746 Gol

Ferenc Puskas.
Ferenc Puskas. (Sumber Foto: Getty Images)

Ferenc Puskas adalah striker asal Hungaria yang aktif bermain pada tahun 1943 sampai 1966. Sepanjang kariernya, ia berhasil mencetak 746 gol dalam 754 pertandingan.

Puskas juga dikenal sebagai pemain yang sering mencetak gol-gol indah. Berkat prestasinya tersebut, FIFA memakai namanya sebagai penghargaan gol paling spektakuler.

Penghargaan yang diresmikan pada tahun 2009 ini diadakan setiap tahun. Nama-nama besar seperti Zlatan Ibrahimovic, Cristiano Ronaldo, dan Mohamed Salah menjadi pemain yang pernah meraih penghargaan ini.

7. Gerd Muller – 734 Gol

Gerd Muller.
Gerd Muller. (Sumber Foto: Getty Images)

Gerd Muller merupakan striker legendaris Jerman yang terkenal saat bermain untuk Bayern Munich. Pemain yang lahir pada 3 November 1945 ini berhasil mencetak 734 gol dalam 793 pertandingan.

Salah satu gol terbaiknya ada pada pertandingan final Piala Dunia 1974. Saat itu, Muller berhasil mencetak gol krusial yang membawa Jerman Barat juara.

8. Ferenc Deak – 576 Gol

Ferenc Deak.
Ferenc Deak. (Sumber Foto: Pixstory)

Ferenc Deak adalah pemain asal Hungaria yang lahir di Kota Budapest pada 16 Januari 1922. Ia aktif bermain pada tahun 1940 sampai 1957 dan hanya bermain di liga negaranya saja.

Deak berhasil mencetak 576 sepanjang kariernya. Szlentorinci AC menjadi tim yang berhasil memaksimalkan kemampuan Deak.

Ia membela tim ini pada tahun 1940 sampai 1947 dan berhasil mencetak 358 gol dalam 186 pertandingan.

9. Uwe Seeler – 575 Gol

Uwe Seeler.
Uwe Seeler. (Sumber Foto: Getty Images)

Pencetak gol terbanyak di dunia selanjutnya adalah Uwe Seeler yang berasal dari Hamburg, Jerman. Ia merupakan legenda dari klub kota kelahirannya, Hamburger SV.

Uwe Seeler mencatatkan setidaknya 575 gol dalam kariernya yang aktif pada tahun 1953 sampai 1978.

Striker yang terkadang bermain sebagai gelandang serang ini menghabiskan hampir seluruh karier profesionalnya di Hamburger SV, yakni dari tahun 1953 hingga 1972.

Setelah itu, ia sempat rehat sejenak dan baru kembali bermain pada tahun 1978 untuk Cork Celtic FC.

10. Tulio Maravilha – 575 Gol

Tulio Maravilha.
Tulio Maravilha. (Sumber Foto: Getty Images)

Tulio Maravilha merupakan salah satu pemain sepak bola modern dalam daftar ini. Ia aktif bermain sejak tahun 1988 dan baru gantung sepatu pada tahun 2019.

Namanya memang tidak sebesar Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Namun, prestasinya cukup mengesankan dengan berhasil mencetak 575 gol sepanjang kariernya.

Salah satu capaian terbaiknya ada pada musim 1994/1995. Saat itu, Maravilha berhasil membawa Botafogo menjadi juara Liga Brasil. Tidak hanya itu, ia juga tercatat sebagai top skorer dengan total 23 gol.