News  

4 Orang Dekat Jokowi Bakal Maju Pilkada Serentak 2024

Meski Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak digelar November 2024, namun sejumlah persiapan telah dilakukan sejak berakhirnya Pilpres 2024 yang dimenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo-Gibran ditetapkan sebagai Presiden-Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029 berdasarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pasangan yang mendapat dukungan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ini mengalahkan dua pasangan lawannya yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Usai hajatan pilpres, masyarakat akan kembali memilih kepala daerah yang digelar secara serentak pada November mendatang. Saat ini telah muncul sejumlah nama yang diakuinya siap untuk maju dalam kontestasi Pilkada Serentak 2024.

Bahkan nama-nama yang dianggap sebagai orang dekat Presiden Jokowi telah lebih dulu menghiasi media massa. Seperti halnya Bobby Nasution dan Erina Gudono yang merupakan menantu Jokowi.

Setelah putra sulungnya berhasil menang Pilpres 2024, apakah kedua menantunya akan berhasil mendapatkan kursi kepala daerah? Tak hanya menantu Jokowi, ada juga Sendi Fardiansyah yang merupakan sekretaris pribadi (sespri) Iriana Jokowi dan Heru Budi Hartono yang dianggap sebagai orang kepercayaan Jokowi.

Bobby Nasution

Wali Kota Medan Bobby Nasution merupakan suami dari Kahiyang Ayu (putri kedua Jokowi) yang tengah mengincar kursi Gubernur Sumatra Utara. Dirinya akan maju dengan dukungan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN).

post-cover
Bobby Nasution bersama Kahiyang Ayu (foto IG @bobbynsy)

Bahkan Bobby juga sempat dilirik Partai Gerindra karena dianggap telah berjasa menangkan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih pada Pilpres 2024.

Bobby pun meyakini akan mendapat restu dari Presiden Jokowi yang tak lain adalah sang mertua mengenai pilihannya untuk menjadi orang nomor satu di Provinsi Sumut. Ditambah lagi dengan dukungan dari sejumlah partai politik yang ada di dalam kabinet pemerintahan Jokowi.

“Ya pasti (Presiden Jokowi) mendoakan yang terbaik,” kata Bobby saat berada di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat pada Sabtu (6/4/2024).

Erina Gudono

Nama Erina Gudono sempat ramai diberitakan akan maju Pilkada Serentak 2024. Istri dari Kaesang Pangarep ini dijagokan dalam bursa calon Bupati Sleman, Jawa Tengah oleh Partai Gerindra.

Tak hanya itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga menjagokan Erina di pemilihan Wali Kota Solo. Tujuannya adalah untuk meneruskan sejumlah program yang telah diusung wali kota sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka yang juga merupakan kakak iparnya.

post-cover
Erina Gudono bersama Kaesang Pangarep (foto IG)

Namun semua itu langsung bantah oleh Kaesang saat pembukaan pendaftaran bursa calon kepala daerah yang digelar PSI pada Jumat (26/4/2024) lalu. Ketum PSI itu menegaskan bahwa istrinya tidak akan ikut dalam kontestasi Pilkada Serentak 2024.

“Enggak ada, saya potong dulu, enggak,” tegas Kaesang.

Sendi Fardiansyah

Sespri iriana Jokowi ini akan maju sebagai calon Wali Kota Bogor. Berbekal kedekatan dengan keluarga Istana membuatnya semakin percaya diri untuk menjadi orang nomor satu di Kota Bogor, Jawa Barat.

Sejauh ini dirinya telah berkampanye dengan memajangkan foto dirinya di sejumlah ruas jalan di Bogor dengan tulisan ‘Tahun Baru, Harapan Baru. Bogor 1’.

Baca Juga:

Usung Ida Fauziah Maju Pilkada, Cak Imin Akui Butuh 10 Kursi Lagi

post-cover
Sendi Fardiansyah bersama Presiden Jokowi (foto IG)

Tak hanya berbekal dari kedekatannya dengan istri Jokowi, Sendi juga mengaku sebagai pribumi asli dengan sejumlah prestasi. Pria kelahiran Bogor pada September 1988 ini diketahui telah mendampingi istri Presiden RI sebagai sekretarisnya sejak 2015 silam.

Ia merupakan Ketua Umum Kawani Bogor sejak April 2023 hingga saat ini. Sebagai orang yang dekat dengan sosok Jokowi dan Iriana, Sendi kerap mendampingi mereka berdua ke berbagai acara nasional hingga internasional seperti KTT ASEAN, US-ASEAN Summit, dan G-20 di Turki, China, Rusia, dan Jerman.

Heru Budi Hartono

Meski belum ada kalimat yang terucap langsung dari mulutnya terkait peluangnya untuk maju Pilkada Serentak 2024, namun nama Heru Budi Hartono sudah dijagokan terlebih dulu untuk bersaing di Pilgub Jakarta.

Ini bermula dari munculnya wajah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta itu di spanduk ‘sembako murah’ yang tersebar di beberapa wilayah Jakarta. Bahkan Heru juga telah diusung secara terang-terangan oleh PSI untuk maju Pilgub Jakarta.

post-cover
Pj Gubernur Heru Budi Hartono menggelar sembako murah bagi warga Jakarta (foto Antara)

Diketahui, Heru merupakan orang yang dipercayai oleh Jokowi untuk memimpin DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan pada 16 Oktober 2022. Ia menjabat sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta hingga Oktober mendatang.

Soal kapabilitias, Heru diakui telah melanglang buana di Pemprov DKI Jakarta sebagai Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri Pemprov DKI Jakarta pada tahun 2013 dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah pada tahun 2015. Ia juga pernah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Utara.

Menanggapi peluangnya di ajang Pilkada Jakarta 2024, Heru enggan mengungkapkannya secara langsung ke publik. Dirinya hanya mengatakan semua masih misteri.

“Jadi hari esok itu penuh dengan misteri,” ujar Heru, Kamis (28/3/2024).

(Sumber)