Tekno  

Sering Lag Saat Push Rank Mobile Legends? Ternyata Ini Penyebabnya

 Player akhir-akhir ini mengeluhkan bahwa perangkat mereka mengalami ‘lag’ saat memainkan game Mobile Legends. Berikut terdapat sejumlah alasan mengapa Mobile Legends mendapat kendala lag.

Sebagai informasi, lag merupakan istilah terkait sendat atau keterlambatan respons antara tindakan pengguna dan reaksi perangkat. Lag pada game kerap disebabkan oleh latensi yang cukup tinggi karena koneksi internet yang buruk.

Namun lag bisa karena spesifikasi perangkat yang terlalu rendah untuk memainkan game. Banyak player mengadukan keluhan lag pada dua hari terakhir melalui media sosial resmi Mobile Legends. Mereka awalnya menduga bahwa lag disebabkan ulah player yang melakukan cheat atau tindak kecurangan.

Adanya cheat seperti MH atau Map Hack memang kerap menimbulkan lag saat push rank di Mobile Legends. Pantauan tim Suara.com, terdapat lag saat push rank pada Senin (29/04/2024). Lag terjadi saat hero berpapasan atau melakukan team fight.

Kendala ini juga dialami banyak player lain terutama pada pukul 14.00 WIB hingga 21.00 WIB. Sebagian player mengaku bahwa lag di Mobile Legends masih terjadi pada hari ini (30/04/2024).

Ilustrasi Bermain Mobile Legends (Unsplash/ Pandhuya Niking)
Ilustrasi Bermain Mobile Legends (Unsplash/ Pandhuya Niking)

Media sosial resmi Mobile Legends mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengalami masalah internal. Salah satu balasan di media sosial mengungkap bahwa lag tidak berasal dari para cheater.

Mohon maaf atas permasalahan yang terjadi saat ini. Maaf karena adanya trouble bukan karena cheat ya kak dan sudah dilaporkan ke developer. Mohon untuk bersabar ya kak. Terima kasih,” bunyi keterangan di akun Facebook Mobile Legends: Bang Bang.

Mereka meminta para player untuk mengecek game secara berkala karena tim sedang melakukan perbaikan. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Masalah ini sedang dalam penanganan oleh tim kami. Jadi bisa dicek secara berkala ya,” tulis akun resmi Mobile Legends.

Pantauan melalui in-game, Mode Rank kini mulai lancar pada Selasa (30/04/2024). Namun masih terdapat sedikit player yang mengeluhkan bahwa game mereka tersendat.

Untuk meningkatkan konektivitas, player disarankan untuk menurunkan grafis dan resolusi game. Selain itu, adanya konektivitas Bluetooth juga membuat koneksi internet in-game mungkin terganggu. Berikut cara memperkuat konektivitas agar tidak lag di Mobile Legends:

  • Buka game Mobile Legends > klik menu Setting atau Pengaturan
  • Pilih Menu Jaringan
  • Pada Pengaturan Jaringan Dasar, aktifkan Mode Speed (geser ke arah kanan)
  • Kalian juga perlu mengaktifkan Mode Peningkatan Jaringan (apabila mode ini berjalan, pemain bisa mengaktifkan Wi-Fi dan 4G secara bersamaan)

(Sumber)