Arinal Djunaidi Puncaki Daftar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Periode April 2024

Nama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung berdasar hasil riset kami Golkarpedia.com kembali menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode April 2024. Predikat ini bukan yang pertama diterima oleh kalinya diterima Arinal Djunaidi untuk menempati ranking satu dalam kategori Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Dengan tambahan indikator yakni, reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung ini pada periode pemberitaan April 2024, memiliki sebanyak 894 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai pria kelahiran Lampung, 17 Juni 1956 ini adalah sebesar 1,03 juta jangkauan.

Pemberitaan Arinal Djunaidi lebih banyak tersorot atas peluncuran pasar murah dalam rangka memperingati Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Komplek Kantor Baznas Kabupaten Lampung Utara. Kemudian kabar pencalonan kembali Arinal Djunaidi sebagai Gubernur Lampung menyusul adanya surat tugas lain yang diberikan DPP Partai Golkar kepada Hanan A Rozak.

Selanjutnya ada pula pemberitaan tentang Lampung Selatan yang menjadi kabupaten dengan capaian reformasi birokrasi terbaik di Lampung. Penghargaan untuk Lampung Selatan ini diberikan langsung oleh Arinal Djunaidi. Pemberitaan lain adalah mengenai Arinal Djunaidi yang melakukan Sidak ke Rumah Sakit Abdul Moeloek, Lampung.

Di urutan kedua sebagai Ketua DPD 1 Partai Golkar terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia adalah Sahbirin Noor, Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan yang juga menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Selatan. Pada periode April 2024, Sahbirin Noor memiliki 567 berita dengan jumlah jangkauan mencapai 551.374 reach.

Pemberitaan terkait dengan figur pria yang akrab disapa Paman Birin ini di antaranya adalah kehadiran Sahbirin Noor di Haul Datu Kelampayan ke-218 di Kalimantan Selatan. Kemudian pada acara Raker Apeksi, Paman Birin menitipkan pesan agar organisasi turut aktif dalam pembangunan ekonomi di wilayah Banua.

Berikutnya, ada kabar pemberitaan Sahbirin Noor yang menggelar pasar murah untuk masyarakat Banjarbaru. Dalam pernyataannya, Paman Birin ingin membersamai kesulitan rakyat di tengah meningkatnya harga bahan pokok. Berita tentang kolaborasi program LAPOR Paman dengan mudik gratis yang banyak diapresiasi masyarakat juga banyak menjadi sorotan.

Di posisi ketiga ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Sumatera Utara, Musa Rajekshah. Pada periode April 2024, Musa Rajekshah memiliki sebanyak 551 pemberitaan yang tersebar pada berbagai media online baik lokal maupun nasional. Untuk jangkauan pemberitaan terkait dengan Musa Rajekshah sebesar 6,17 juta reach.

Pemberitaan mengenai Musa Rajekshah antara lain adalah mengenai pernyataan kesiapan pria yang akrab disapa Ijeck ini untuk maju Pilgub Sumut 2024. Dalam pemberitaan lainnya, sosok Musa Rajekshah banyak dipuji oleh kader Partai Golkar dan masyarakat Sumut. Hingga sosok Ijeck dirasa paling tepat maju Pilgub Sumut ketimbang figur lainnya.

Kemudian klarifikasi Bobby Nasution, sosok yang disebut-sebut mendapat surat tugas dari DPP Partai Golkar untuk maju Cagub Sumut selain Ijeck. Bobby Nasution menepis kabar bahwa dirinya dan Ijeck terdapat friksi karena surat tugas tersebut. Bobby mengaku hubungannya dengan Ijeck baik-baik saja.

Kabar tentang potensi Partai Golkar menduetkan figur Musa Rajekshah dan Bobby Nasution di Pilgub Sumut juga menjadi pemberitaan yang populer bagi masyarakat. Berita seputar Musa Rajekshah memang lebih banyak mengenai perkembangan Pilgub Sumut. Pasalnya, terdapat sosok Bobby Nasution yang merupakan menantu Presiden Jokowi jadi kompetitornya untuk mendapatkan rekomendasi Partai Golkar di Pilgub Sumut.

Posisi keempat diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar, untuk periode April 2024 Ahmed Zaki Iskandar memiliki pemberitaan sebanyak 463 berita. Jumlah reach yang dicapai dari pemberitaan eks Bupati Tangerang 2 periode tersebut adalah sebesar 2,66 juta jangkauan.

Berita mengenai Ahmed Zaki Iskandar antara lain perkembangan Pilgub Jakarta. Dalam hal ini, Ahmed Zaki Iskandar disebut sebagai kandidat kuat di Pilgub Jakarta menyusul keberadaan Ridwan Kamil yang akan tetap maju Pilgub Jawa Barat. Selanjutnya pemberitaan tentang Ahmed Zaki Iskandar yang menjewer telinga Ketua DPD II Partai Golkar Jaksel, karena tak memenuhi target Pemilu 2024.

Deklarasi Ormas MKGR Jakarta mendukung Ahmed Zaki Iskandar di Pilgub Jakarta juga menjadi pemberitaan yang cukup populer. Kemudian ada isu mengenai siapa Wakil Ketua DPRD Jakarta dari Partai Golkar. Ahmed Zaki Iskandar menyebutkan 3 nama terkuat, yakni Basri Baco, Judistira Hermawan dan Dimaz Soesatyo.

Untuk bulan April 2024 ini, kami mempersempit jumlah publisitas tokoh yang masuk dalam kategori populer hanya menjadi 4 orang. Selain itu, tak ada perubahan fundamental terkait dengan riset yang kami lakukan dengan memasukkan nama-nama seluruh Ketua DPD I Partai Golkar ke dalam tools yang kami miliki.

Demikian 4 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan Maret 2024. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 4 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya. Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode April 2024

Arinal Djunaidi
Gubernur Lampung
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
Total: 894 Pemberitaan
Reach: 1,03 juta jangkauan

Sahbirin Noor
Gubernur Kalimantan Selatan
Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Selatan
Total: 567 Pemberitaan
Reach: 551.374 jangkauan

Musa Rajekshah
Wakil Gubernur Sumatera Utara Periode 2018-2023
Ketua DPD I Partai Golkar Sumatera Utara
Total: 551 Pemberitaan
Reach: 6,17 juta jangkauan

Ahmed Zaki Iskandar
Bupati Tangerang Periode 2013-2023
Ketua DPD I Partai Golkar Jakarta
Total: 463 Pemberitaan
Reach: 2,66 juta jangkauan {golkarpedia}