News  

Wacana Presidential Club, Upaya Prabowo Redam Ketegangan SBY, Megawati dan Jokowi

Ide Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk membentuk forum Presidential Club atau Klub Presiden, dipandang Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, sebagai usaha untuk meredam ketegangan antar mantan presiden RI.

Mardani melihat hubungan antar mantan presiden terbilang unik. Misalnya, hubungan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang lama perang dingin.

Belakangan, hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Megawati juga kian memanas. Hal ini disebabkan karena Jokowi yang notabene anak buah Megawati di PDIP malah mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

“Ada ketegangan di antara tiga Presiden. Pak Prabowo mungkin ingin agar semangat gotong royong dan kerukunan antar mantan Presiden bisa dicairkan dengan semangat silaturahim,” kata Mardani kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (7/5).

Melalui Presidential Club, memungkinkan mantan presiden RI untuk bertemu secara teratur, berbagi pengalaman, dan membangun hubungan yang lebih baik satu sama lain.

“Yang jelas jangan sampai Presidential Club mengganggu prinsip sistem presidensial kita. Di mana Presiden punya hak prerogatif,” pungkas Mardani.
Sumber