5 Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa Menurut Jorge Lorenzo

BERIKUT lima pembalap MotoGP terbaik sepanjang masa versi Jorge Lorenzo. Yang menarik, eks rivalnya Valentino Rossi berada di posisi teratas.

Lorenzo merupakan salah satu legenda hidup MotoGP. Tiga kali juara dunia sudah menjadi bukti kehebatan pria asal Spanyol tersebut.

Balapan MotoGP

Namun, Lorenzo tetap merasa bukan yang terbaik. Por Fuera hanya menaruh namanya di posisi kelima! Lalu, siapa saja tiga lainnya?

5 Pembalap MotoGP Terbaik Sepanjang Masa Versi Jorge Lorenzo

5. Jorge Lorenzo

Jorge Lorenzo

Bukan narsis, pria berusia 37 tahun itu merasa layak untuk masuk dalam lima pembalap MotoGP terbaik sepanjang masa. Sebab, ia telah meraih lima titel juara dunia balap motor (tiga di kelas premier).

“Posisi kelima, kalau boleh, saya akan memilih diri sendiri. Angka tetaplah angka, tapi posisi kelima rasanya pantas untuk saya,” kata Lorenzo, mengutip dari Motosan.

4. Mick Doohan

Mick Doohan

Untuk berikutnya, Lorenzo memilih nama Doohan. Pembalap asal Australia itu disebutnya punya ketangguhan mental yang luar biasa. Bahkan, legenda MotoGP tersebut pernah mengalami patah kaki dan nyaris diamputasi ketika belum meraih titel juara dunia!

“Di posisi keempat saya memilih Mick Doohan. Dia punya mental yang luar biasa dan empat gelar juara. Dia pernah patah kaki ketika belum menjadi juara dunia dan kakinya terancam diamputasi. Pria itu, karena kekuatan mentalnya dan keras kepala, justru terus berjuang,” puji Lorenzo.

3. Giacomo Agostini

Giacomo Agostini

Menariknya, Lorenzo menaruh nama pria asal Italia ini di posisi ketiga. Padahal, Agostini adalah pengoleksi titel juara dunia terbanyak di MotoGP! Lalu, apa alasannya?

“Posisi ketiga rasanya agak rumit, sebab ini sangat ketat. Tapi saya menaruh Agostini di posisi ketiga sebagai peraih gelar terbanyak. Dia merupakan pembalap yang bisa memenangkan balapan dengan selisih 1 menit, bukan hanya detik,” terang pria kelahiran Palma de Mallorca.

2. Marc Marquez

Marc Marquez

Di posisi dua, Lorenzo menilai mantan rekan setimnya di Repsol Honda, Marc Marquez, layak untuk menjadi runner-up. Menariknya, ia tidak punya banyak alasan untuk itu.

Marquez sendiri adalah pengoleksi titel juara dunia MotoGP terbanyak ketiga setelah Agostini dan Rossi. Sejauh ini, pria asal Spanyol itu sudah menyabet enam titel juara dunia pada kurun 2013-2019.

1. Valentino Rossi

Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez di MotoGP Malaysia 2015 (Foto: MotoGP)

Yang terbaik siapa lagi kalau bukan Rossi. The Doctor disebut Lorenzo mampu mengubah wajah MotoGP di era modern. Walau dirasa menyebalkan untuk pesaing, sikap pria asal Italia itu bisa dimaklumi.

“Yang terbaik tentu saja Valentino Rossi atas apa yang telah dia lakukan dan berikan untuk kejuaraan balap motor. Selain itu, tentu saja, soal karismanya,” papar Lorenzo.

“Dia tidak melakukannya untuk orang lain, melainkan untuk dirinya sendiri secara egois. Tapi akhirnya itu berdampak baik untuk kompetisi secara umum,” tandasnya.

(Sumber)