BJ Habibie Meninggal, ARB: Selamat Jalan, Mas Rudi

Tokoh dan politikus mengenang presiden ke-3 RI, BJ Habibie, semasa hidup. Salah satunya Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie.

Sama-sama malang melintang di Golkar, pria yang akrab disapa Ical ini lama bersahabat dengan Habibie. Habibie mengaku diminta agar dipanggil dengan sapaan akrab ‘Rudi’.

“Sudah lama saya bersahabat dekat dengan Pak BJ Habibie. Saya biasa memanggil beliau, Mas Rudi, sedangkan almarhumah istri beliau saya panggil Mbak Ainun. Bahkan kalau ada acara formal dan saya ingin memanggil beliau Pak Habibie, beliau tidak mau dan meminta saya memanggil dengan panggilan seperti biasa saja: Mas Rudi. Karena itulah sapaan akrab kami,” tulis Ical di Twitter, Rabu (11/9/2019).

Ical kerap bersilaturahmi ke kediaman Habibie. Selama Habibie sakit, mantan Ketum Golkar itu juga selalu menjenguk, termasuk sebelum Habibie meninggal.

“Malam ini datang kabar duka beliau telah tiada. Innalillahi wa innailaihi roji’un. Turut berduka cita yang mendalam atas berpulangnya Bapak Bangsa, Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie,” ucapnya.

Ical mengenang momen jalan-jalan dan diskusi bersama Habibie. Diskusi itu dari tentang Golkar, ekonomi, teknologi, hingga pesawat R80.

“Tak menyangka kini beliau sudah tiada. Meski begitu, karyanya, ilmunya, tetap abadi, dikenang Bangsa Indonesia dan dunia, serta insyaallah menjadi amal jariyah untuk beliau,” kata Ical.

“Selamat Jalan Mas Rudi. Terima kasih atas persahabatan, nasihat, dan ilmunya selama ini,” sambungnya.

BJ Habibie meninggal dunia sore tadi pukul 18.05 WIB. Jenazah BJ Habibie akan dimakamkan besok di TMP Kalibata.

Sebagai penghormatan untuk Habibie, pemerintah Indonesia menetapkan hari berkabung nasional selama 3 hari. Masyarakat diajak untuk mengibarkan bendera setengah tiang. [detik]