PBSI Bahagia Tercapai Kesepakatan Antara PB Djarum dan KPAI

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Achmad Budiharto mengaku senang dengan berakhirnya polemik antara PB Djarum dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

PB Djarum dan KPAI telah mencapai kata sepakat terkait perselisihan yang terjadi di antara mereka akhir-akhir ini.

Dalam pertemuan yang dimediasi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi, Kamis (12/9/2019), tersusunlah empat poin kesepakatan menyangkut audisi umum yang dilakukan PB Djarum.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, PB Djarum bersedia untuk melepas semua atribut yang berkaitan dengan brand image rokok Djarum dalam menyelenggarakan audisi umum tahun ini.

Di sisi lain, KPAI juga setuju untuk mencabut surat permintaan penghentian audisi umum yang sempat mereka layangkan kepada PB Djarum beberapa waktu lalu.

Sementara itu, PB Djarum masih akan berdiskusi mengenai pelaksanaan audisi umum tahun depan.

Atas kesepakatan yang telah dicapai ini, Achmad Budiharto mengaku bahagia.

Dikutip Bolasport.com dari Kompas.com, sosok yang akrab disapa Budi itu menjelaskan pentingnya keikutsertaan perusahaan swasta dalam pengembangan olahraga bulu tangkis di Indonesia.

Menurut dia, induk olahraga bulu tangkis Indonesia ini masih memiliki keterbatasan dana sehingga membutuhkan dukungan pihak swasta.

“PBSI pada dasarnya tidak memungkinkan membina dari usia dini. Yang bisa dilakukan adalah optimalisasi prestasi setelah menjadi juara,” ujar Budi.

“Yang paling berbahagia adalah PBSI karena keberlangsungan pemilihan bibit pemain muda tetap bisa terjaga,” kata dia melanjutkan.

Untuk ke depannya, Achmad Budiharto mengharapkan pihak-pihak swasta lain terketuk hatinya untuk ikut berperan dalam pembibitan atlet bulu tangkis.

“Mudah-mudahan kejadian ini bisa mengetuk pengusaha-pengusaha lain yang mungkin bisa berkontribusi bagaimana mengembangkan dan melanjutkan prestasi di tingkat dunia,” ujar dia.

Sesuai kesepakatan, rangkaian audisi umum masih akan dilanjutkan oleh PB Djarum pada tahun ini.

Mereka masih akan menggelar tiga seri Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis pada tahun 2019 di Surabaya, Solo, dan Kudus. [bolasport]