Soal Tokoh Partai, Hanya PKS Yang Bisa Saingi Golkar

Partai Golkar merupakan partai yang memiliki banyak kader mumpuni. Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio bahkan menyebut semua kader di partai beringin adalah tokoh.

“Kalau kita tanya siapa tokoh Golkar? Maka semua kader Golkar adalah tokoh,” terangnya dalam diskusi Front Page bertema “Membongkar Hitam Putih Golkar” di Restoran Dua Nyonya, Cikini, Kamis (19/9).

Pembeda dari ketokohan kader Golkar adalah seberapa sering mereka muncul di media. Kata Hensat, sapaan akrab Hendri, semakin banyak muncul di media, maka kader semakin ngetop dibanding yang lain.

Namun demikian, tampil di media saja tidak cukup bagi seorang kader untuk bisa disebut sebagai penentu arah Golkar.

“Apakah dia otomatis tokoh penentu di Golkar? Belum tentu juga. Itulah kerennya Golkar,” ungkap Hensat.

Singkatnya, pendiri lembaga survei Kedaikopi itu ingin mengatakan bahwa tokoh besar yang akan membangkitkan kejayaan Golkar di 2024 masih belum bisa diprediksi. Bahkan, kata dia, pemimpin Golkar yang akan terpilih dalam munas juga masih tanda tanya.

Menurutnya, masalah ketokohan kader Partai Golkar hanya bisa disaingi oleh PKS. Pasalnya, PKS sama dengan Golkar yang belum tahu siapa pemimpin mereka hingga gelaran munas atau muktamar digelar.

“Satu satunya partai yang bisa menyaingi Golkar adalah PKS, karena kita tidak tahu siapa yang bakal jadi pemimpinnya nanti. Kalau partai lain bisa kita tebak siapa pemimpinnya,” tutup Hensat. [rmol]