6 Klub Lolos Lisensi AFC, Bali United dan Bhayangkara FC Lolos Bersyarat

Perwakilan Pemain dari Klub yang Dapatkan Lisensi AFC

Ada enam klub dari Liga 1 2019 yang mendapat status lolos lisensi AFC berdasarkan lima kriteria utama. Enam klub Liga 1 itu adalah Arema FC, Persebaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Selain enam klub itu, ada pula yang lolos dengan status ‘Granted with Sanction’ atau lolos bersyarat dengan catatan harus melengkapi kekurangan. Adapun dua klub yang mendapatkan status ‘Granted with Sanction’, adalah Bali United dan Bhayangkara FC.

Totalnya ada 16 klub yang mengajukan diri mendapat lisensi AFC, enam klub lolos, dua klub lolos bersyarat, dan delapan klub tak lolos. Lima kriteria yang ditetapkan AFC untuk mendapat lisensi adalah: Sporting, Infrastructure, Personnel & Administration, Legal, dan Finance.

PSSI dalam rilisnya tak menyebut siapa delapan klub yang tak lolos lisensi tersebut. “Mewakili teman-teman Club Licensing Department, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan Club Licensing Officer Liga 1,” kata Yulius Amos selaku Club Licensing Manager.

“Terima kasih telah bekerja keras untuk menjadi bagian pertumbuhan sepak bola nasional yang kita banggakan,” ujarnya menambahkan.

Keenam klub yang lolos di atas bisa ikut turnamen di bawah naungan AFC tahun depan seperti Liga Champions Asia (LCA) atau Piala AFC 2020. Syarat ikut dua turnamen di atas tentunya jika melewati tahapan yang ditetapkan yakni juara Liga 1 dan juara Piala Indonesia.

Satu tempat Piala AFC 2020 sudah dipastikan menjadi milik PSM yang merupakan juara Piala Indonesia 2018. Sedangkan juara Liga 1 akan ikut Kualifikasi Liga Champions Asia (LCA) dari putaran pertama, jika gagal mereka akan turun ke Piala AFC.

Jika juara Liga 1 berhasil menembus babak utama LCA, maka runner-up Liga 1 berhak mendapatkan satu tempat di babak Grup Piala AFC 2020. Indonesia akan punya dua wakil di Piala AFC, dan satu perwakilan di LCA tahun depan jika skenario di atas terjadi. {bolasport.com}