Yayasan Rumah Tajwid Manfaatkan Skype Untuk Talaqqi Alquran

Yayasan Rumah Tajwid yang diinisiasi Ustaz Hartanto Saryono menggunakan layanan Skype sebagai sarana pembelajaran Alquran. Meski tidak bertatap langsung, layanan ini masih memenuhi konsep talaqqi.

Ustaz Hartanto menilai talaqqi menjadi esensi sebenarnya dari belajar mem baca Alquran. Ada proses melihat, mendengar, membaca, dan mengoreksi sehingga bacaan murid bisa lebih baik dan benar.

Esensi ini yang juga dilakukan sejak turun-temurun dari saat Nabi Muhammad SAW per tama kali mendapatkan wahyu dari malaikat Jibril AS, pun dilanjutkan sahabat yang belajar dari Nabi.

Ustaz Hartanto memulai penggunaan panggilan video untuk membantu pembelajaran pada 2011. Ide ini hadir dari usulan ibu-ibu Indonesia yang berada di Hamburg, Jerman. Saat itu, Ustaz Hartanto diundang untuk mengisi kajian dan bertukar cerita dengan orang Indonesia yang ada di sana.

Ternyata, banyak di antara mereka yang ingin belajar agama dan membaca Alquran tetapi terkendala fasilitas maupun guru. Akhirnya, keluarlah ide mengaji lewat Sky pe dengan jumlah murid 13 orang.

“Dengan menggunakan panggilan video ini, guru dan murid bisa ber temu dan bertatap muka meski tidak berada dalam satu ruangan yang sama. Murid masih bisa melihat bagaimana guru membaca dan mencontohkan, dan guru bisa mengoreksi jika mu rid melakukan kesalahan saat mengulang bacaan,” ucap dia. [republika]