4 Menko Jokowi: Mahfud, Airlangga, Muhadjir dan Luhut

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin resmi mengenalkan calon-calon menteri Kabinet Indonesia Maju. Sambil duduk di tangga Istana Kepresidenan, Jokowi mengenalkan 4 orang Menteri Koordinator (Menko).

“Saya ingin memperkenalkan yang pertama Prof Dr Mahfud Md sebagai Menko Polhukam, Menko Polhukam. Berdiri Prof. Beliau akan menjadi Menko Polhukam sehingga hal-hal yang berkaitan dengan korupsi, kepastian hukum, deradikalisasi, antiterorisme berada di wilayah Prof Mahfud Md,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

“Kedua Bapak Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian. Saya kira kita ingin ada terobosan-terobosan dan mensinergikan antar kementerian sehingga ada peluang kerja yang semakin meningkat,” imbuh Jokowi.

Jokowi mengenalkan Muhadjir Effendy dan Luhut Binsar Pandjaitan. Secara berurutan dua nama itu menjabat Menko PMK dan Menko Kemaritiman dan Investasi.

“Yang ketiga Bapak Profesor Muhadjir Effendy sebagai Menko PMK yang akan mengawal akselerasi pengentasan kemiskinan, toleransi, solidaritas nasional dan revolusi mental,” sebut Jokowi.

“Yang keempat Bapak Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi,” sebut Jokowi.