Indonesia Tambah 3 Wakil di Babak Kedua Macau Open 2019

Indonesia berhasil menambah tiga wakil pada babak kedua turnamen Macau Open 2019 yang berlangsung di Tap Seac Multisport Pavilion Macau, Macau City, Makau, 29 Oktober-3 November.

Ketiga wakil tersebut adalah Chico Aura Dwi Wardoyo (tunggal putra), Ruselli Hartawan (tunggal putri), dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto (ganda putri).

Mereka menyusul jejak langkah Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta (ganda putri) serta Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso (ganda campuran) yang sudah lolos sehari sebelumnya.

Dilansir dari BWF Tournament Software, skuad Merah Putih sebetulnya punya peluang menambah tujuh wakil ke babak kedua pada hari ini. Namun, dari tujuh wakil yang bertanding, hanya tiga yang meraih kemenangan pada hari ini, Rabu (30/10/2019).

Kemenangan pertama dari pasukan tepok bulu Indonesia datang dari pasangan ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto. Dalam tempo 37 menit, Fadia/Ribka mengalahkan wakil Hong Kong, Ng Wing Yung/Yeung Nga Ting, melalui permainan dua gim.

Akan tetapi, kiprah positif Fadia/Ribka ini tidak menular ke pemain tunggal putri, Lyanny Alessandra Mainaky. Lyanny tak mampu mengatasi permainan pemain unggulan kelima dari Thailand, Busanan Ongbamrungphan, sehingga kalah 11-21, 16-21.

Indonesia akhirnya bisa menambah wakil lagi setelah Ruselli Hartawan yang juga turun pada nomor tunggal putri meraih kemenangan. Ruselli memenangi duel sengit kontra Porntip Buranaprasertsuk (Thailand) dalam permainan rubber game sepanjang 56 menit.

Skuad Tanah Air lagi-lagi kehilangan wakil setelah pasangan ganda putri Nita Violina Marwah/Putri Syaikah kalah dari Cheng Chi Ya/Lee Chih Chen (Taiwan). Meski lebih dulu unggul satu gim, Nita/Putri pada akhirnya keok dengan skor 21-11, 14-21, 17-21.

Kejutan besar kemudian diciptakan Chico Aura Dwi Wardoyo. Di luar dugaan, Chico mampu mengalahkan pemain tunggal putra senior Malaysia, Daren Liew.

Padahal, Liew datang ke Macau Open 2019 dengan status pemain unggulan kedelapan. Namun, hal itu tidak berarti apa-apa. Chico menyingkirkan Liew dalam tempo 42 menit.

Kemenangan Chico ini menjadi yang terakhir bagi para wakil Indonesia pada hari kedua penyelenggaraan turnamen BWF World Tour Super 300 tersebut.

Dua wakil terakhir Indonesia yang bertanding pada babak kesatu yakni Dhea Bunga Anjani/Fuyu Iwasaki (ganda putri) dan Firman Abdul Kholik (tunggal putra) menelan kekalahan. Berikut hasil lengkap wakil Indonesia pada hari kedua Macau Open 2019.

WD – Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Ng Wing Yung/Yeung Nga Ting (HKG) 22-20, 21-10

WS – Busanan Ongbamrungphan (5/THA) vs Lyanny Alessandra Mainaky 21-11, 21-16

WS – Ruselli Hartawan vs Porntip Buranaprasertsuk (THA) 20-22, 21-13, 21-16

WD – Cheng Chi Ya/Lee Chih Chen (TPE) vs Nita Violina Marwah/Putri Syaikah 11-21, 21-14, 21-17

MS – Chico Aura Dwi Wardoyo vs Daren Liew (8/MAS) 21-16, 21-18

WD – Lee Chia Hsin/Lin Jhih Yun (TPE) vs Dhea Bunga Anjani/Fuyu Iwasaki 21-12, 21-16

MS – Ren Peng Bo (CHN) vs Firman Abdul Kholik 21-10, 21-6

{bolasport}