News  

Gedung Bekas Tempat Hiburan Malam Hailai Terbakar Hebat

Gedung Hailai bekas tempat hiburan malam, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara terbakar pada Senin (4/11/2019) hingga Selasa (5/11/2019) dini hari.

Video kebakaran ini diunggah oleh akun Instagram @kontributorjakarta. Berdasarkan video tersebut terlihat kobaran api menyala begitu besar sehingga menimbulkan asap yang membumbung tinggi ke langit.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Pengalaman (Gulkarmat) Jakarta Utara Satriadi Gunawan mengatakan, kebakaran pertama kali diketahui Senin malam sekitar pukul 23.00 WIB.

“Unit yang meluncur ada 14 unit. Sembilan unit pompa, lima unit pendukung,” kata Satriadi melalui pesan singkatnya kepada Kompas.com, Selasa pagi.

Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Satriadi menjelaskan bahwa gedung tersebut sudah lama kosong tidak berpenghuni. Namun ia masih menyelidiki apa yang menyebabkan kebakaran tersebut.

“Api padam jam 03.00 WIB,” ujar dia. Tidak ada kendala berarti yang ditemui petugas dalam memadamkan si jago merah. Saat ini, petugas masih melakukan pendinginan di lokasi mencegah agar api kembali menyala.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan, gedung yang terbakar tersebut sudah lama kosong dan sedang dalam proses pembongkaran.

“Jadi kebetulan gedung ini sudah kosong, dan gedung ini memang dalam proses untuk dirobohkan atau diambil barang-barang berharga karena sudah lama tidak terpakai,” kata Budhi saat dikonfirmasi Kompas, Selasa (5/11/2019).

Budhi menyebutkan, ada 30 orang petugas yang bekerja melakukan pembongkaran tersebut.

Sebelum kebakaran terjadi, para petugas pembongkar bangunan baru saja menyelesaikan pekerjaannya pada pukul 21.00 WIB. Namun, tiba-tiba api muncul sekitar pukul 22.00 WIB yang menyebabkan kebakaran tersebut.

“Sehingga ada jeda waktu kekosongan itu. Ini nanti akan kami libat apakah ada unsur kesengajaan atau ada unsur kelalaian dari orang-orang yang melakukan pembongkaran ini,” ucap Budhi. Ia menjelaskan bahwa di gedung tersebut sudah tidak ada instalasi listrik, sehingga tidak mungkin kebakaran disebabkan oleh korsleting arus listrik.

Saat ini, polisi melalui tim laboratorium forensik tengah menyelidiki penyebab dari kebakaran tersebut. Budhi juga menyampaikan bahwa kebakaran terjadi di lantai atas gedung. Sementara di lantai pertama tidak banyak tersentuh api karena ruangannya sudah kosong.